Cara Merancang Database yang Baik dan Benar

Cara Merancang Database yang Baik dan Benar


Admin - 17 January 2023

Cara Membuat dan merancang database yang baik dan benar - Kali ini saya akan membahas bagaimana kita untuk membuat database yang baik dan benar serta bisa lebih efisien sehingga database yang kita buat dapat berfungsi lebih efisien dan sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi yg kita buat. Pembuatan desain database merupakan tahap awal kita dalam membuat suatu aplikasi baik itu aplikasi desktop maupun webbase, apakah membuat database itu sulit? jika menurut saya dalam membuat database tidaklah terlalu susah tapi juga tidak terlalu gampang, karena sebuah database yang baik haruslah efisien dan dapat memudahkan user lain yang tidak telibat langsung dalam pembuatan untuk melakukan perbaikan databse yang telah kita buat karena database tesebut akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dalam membuat database ada beberapa hal yang perlu kita perhatian terlebih dahulu, yaitu :

  • Menentukan tujuan dari penggunaan database
  • menentukan tujuan dari pembuatan database
  • Menentukan user pengguna dari database

Dengan memahami Langkah yang seperti diatas maka ini sudah menjadi salah satu menjadi pondasi dasar database anda yang sudah selesai dibuat. Dengan demikian bahwa anda sudah tinggal memikirkan hal – hal apa saja yang nantinya akan anda butuhkan di dalam membangun database anda sendiri.

Menentukan Tabel yang akan digunakan

Dasar dari pembuatan database adalah table, maka harus didefinisikan tabel yg akan dibuat akan dipergunakan sebagai apa nantinya, sehingga bisa diuraiakan secara lebih detail, setiap database bisa memuat banyak tabel dan setiap tabel akan berisikan lebih banyak field-field yang diperlukan untuk kebutuhan dalam pembuatan aplikasi desktop.

Menentukan Hubungan atau Relasi antar table

Setiap tabel akan berisi field kunci yg akan dijadikan primary, sehingga setiap table akan bisa merelasikan (memiliki hubungan) antar table sehingga akan saling berkaitan, hal ini sangat penting untuk bisa menciptakan/merancang database sehingga bisa lebih efisien dan tidak terlalu banyak table yang kemungkinan tidak diperlukan dan digunakan.



Artikel Terkait