Contoh Software Aplikasi Desktop

Contoh Software Aplikasi Desktop


Admin - 28 November 2022

Contoh Software Aplikasi Desktop - Kali ini akan kita bahas mengenai bahasa pemograman berbasis Dekstop, beberapa bahasa pemograman tersebut adalah sebagai berikut : 

Software Aplikasi Desktop

DELPHI

Delphi adalah kompiler / penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan Basic atau C yang merupakan produk dari Borland corp.

Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa procedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya.

VISUAL BASIC

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java

JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.

Sebagai bahasa pemrograman berorientasi object Java Platform Standard Edition (JSE) menyediakan lingkungan yang lengkap untuk pengembangan aplikasi di desktop dan client/server. Materi pelatihan pada Java Fundamental (JSE) akan fokus ke masalah pengantar aplikasi Java, pemrograman berorientasi object (OOP), dan berbagai teknik yang digunakan pada pemrograman bahasa Java.

Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa peserta training disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman Java di level dasar-intermediate.

C++

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ adalah meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class

PHYTON

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sederhana tapi efektif untuk penerapan pemrograman berorientasi objek.

Python memiliki syntax dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi diberbagai bidang dan flatform system operasi.

Interpreter Python dan kumpulan library-nya bisa didapatkan gratis di situs resminya http://www.python.org/, dan boleh didisribusikan secara bebas. Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan distribusi dan modul serta link-link situs yang menyediakan modul, program dan tool serta dokumentasi tambahan. Interpreter Python sangat mudah ditambahkan dengan fungsi-fungsi baru dan tipe data yang diimplementasikan dengan C/C++ atau bahas pemrograman lain yangdapat dipanggil menggunakan C.

Python juga cocok untuk digunakan sebagai bahasa tambahan untuk kustomisasi aplikasi, seperti yang banyak digunakan dalam aplikasi GNU/Linux.(Python Documentation)

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa dari sekian banyak contoh software dengan Bahasa pemrograman desktop. Selanjutnya akan dibahan salah satu dari Bahasa tersebut diatas untuk bisa lebih memahami berserta contoh penerapan aplikasinya.



Artikel Terkait