Mengenal Pemrograman Delphi

Mengenal Pemrograman Delphi


Admin - 01 December 2022

Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan,

Bahasa pemrograman Delphi digunakan untuk membuat sebuah aplikasi. Bahasa ini juga bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman yang menerapkan visualiasi yang juga bisa Anda temukan pada Visual Basic. Akan tetapi, bahasa yang digunakan oleh Delphi sama dengan Pascal.

Secara umum, Delphi digunakan untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi yang berbasis dekstop. Namun seiring dengan berjalannya waktu membuat Delphi bersifat general purpose. Delphi digunakan untuk membuat aplikasi Windows serta program yang berbasis jaringan server atau client. Bahasa pemrograman ini juga bisa digunakan untuk merancang sebuah program .Net. salah satu seri yg digunakan adalah Brorland Delphi 7

Borland Delphi 7 adalah bahasa pemrograman yang bekerja pada lingkup sistem operasi windows, dan merupakan salah satu program yang berorientasi object ( OOP ). kemampuanya dapat dipakai untuk merancang program aplikasi yang berpenampilan seperti program aplikasi lainya yang berbasis Windows. Kemampuan Borland Delphi 7 secara umum adalah menyediakan komponen komponen yang memungkinkan anda membuat program aplikasi yang sesuai dengan tampilan dan cara kerja windows, diperkuat dengan bahasa pemrograman tersetruktur yang sangat handal, yaitu bahasa pemrograman Object Pascal yang sangat terkenal. Khusus untuk pemrograman database Borland Delphi 7 menyediakan fasilitas object yang sangat kuat dan lengkap.

Keunggulan dari Bahasa ini yaitu pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan oleh Delphi, secara otomatis akan dibaca sebagai program oleh Delphi tanpa harus dijalankan secara terpisah. Begitupula dengan source code yang merupakan turunan dari pascal, yang artinya tidak memerlukan lagi penyesuaiyan.

Kelebih dari Bahasa pemrogaman ini adalah memudahkan distribusi dan juga meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning. Selain itu optimasi compiler yang cepat. Bahasa perograman ini dapat digunakan di multiplatform (Windows, Linux, IOS, maupun android) dan program ini juga dapat menkompilasi menjadi aplikasi potable.

Untuk kekurangan dari Bahasa ini sendiri yaitu pengaksesan platform dan library membutuhkan filter-filter header yang diterjemahkan dalam Bahasa pascal. Begitu pula dengan masalah bahasa terdapat Dokumentasi platform dan teknik-teknik yang menyertai sulit di temukan dalam Bahasa pascal.

Nah, lalu apasih OOP itu? OOP atau Object Oriented Programming adalah metode pemrograman dengan membentuk sebuah aplikasi yang mendekati kedunia yang sesungguhnya yang dilakukan dengan cara mendesain object. Ada tiga unsur OPP yang harus kamu ketaui        :

Encapsulation atau pemodelan adalah sebuah konsep penggabungan data dengan operator menjadi satu kesatuan.

Inherintance atau penurunan adalah sebuah object yang diturunkan menjadi object yang baru dengan tidak mengurangi atau menghilangkan keaslian dari object itu sendiri.

Polymorphism atau polimorfisme adalah penggunaan berbagai object yang berbeda, akan tetapi secara fungsi bergantung pada satu object.

Nah, demikian sedikit info tentang Pemrograman Delphi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.



Artikel Terkait