Integrasi Google Analytics Pada Website Kesayangan Anda

Integrasi Google Analytics Pada Website Kesayangan Anda

Integrasi Google Analytics Pada Website Kesayangan Anda - Bagi anda sudah terbiasa dengan dunia Jasa Pembuatan Website ataupun anda yang sudah paham dengan alur pasca membuat website, pasti tidak asing dengan istilah Google Analytics. Setelah pada posting sebelumnya tentang apa itu Google search console dan bagaimana cara submit website kesayangan anda ke tools search console. Pada Artikel ini kami Tim Nawadwipa akan sedikit menjelaskan akan apa itu Google Analytics?

Pengertian Google Analytics

Google analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang akan menampilkan statistik pengunjung website anda. Google Analytics dapat menampilkan data pengunjung berdasarkan informasi halaman, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga link yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan Google Ads, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan Google Ads yang terpasang pada dashboard Google Ads anda. Dengan Google Analytics pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke website anda.

Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat www.google.com/analytics/ Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website. Dengan menggunakan Google Analytics anda dapat membuat laporan tentang trafik website dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

Manfaat Google Analytics

Ada beberapa manfaat yang sangat berguna bagi anda, dengan melihat laporan google analytics anda bisa menentukan apakah cara-cara dalam mempromosikan website anda sudah tepat dan bukan tidak mungkin laporan google analytics akan ikut andil dalam menentukan arah website anda.

Mengetahui Jumlah Pengunjung

Hal pertama yang ingin diketahui adalah seberapa banyak pengunjung di website kesayangan Anda. Sebab, ini berkaitan dengan promosi. Jika pengunjung di website Anda sesuai target, angka penjualan pun mampu mencapai nilai maksimal. 

Memantau Konten Website

Ketika Anda mengetahui jumlah pengunjung maka Anda bisa mengetahui bagaimana efektivitas konten pada website. Jika meleset dari target, bisa jadi konten Anda kurang menarik. Jika melampaui target, apakah ada konten yang paling menarik perhatian pengunjung. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengecek dari setiap unggahan. Mulai dari foto, tulisan, maupun video.

Ketahui Prime Time

Tidak bisa dimungkiri bahwa ada waktu-waktu terbaik untuk mengunggah suatu konten. Baik di media sosial maupun website pasti memiliki waktu prime time. Tidak hanya persoalan konten melainkan juga mengetahui kapan waktu terbaik pengunjung datang ke website Anda. Sehingga, misal waktu pukul 17.00, alangkah lebih baiknya Anda mengunggah konten pada waktu tersebut. 

Mengetahui Lokasi Pengunjung

Hal ini cukup penting bagi anda. Sebab, Anda bisa memetakan dari mana saja pengunjung yang mengakses website Anda. Apakah dari kota-kota besar atau justru daerah kecil. Dari lokasi tersebut, Anda bisa merancang promosi untuk memperkuat pelanggan atau mencari area baru. 

Memantau Iklan

Anda dapat memantau iklan yang anda buat di Google Ads melalui akun Google Analytics anda. Apakah efektif atau tidak, anda akan mengalisa apakah kata kunci yang anda tentukan pada campaign google ads anda sia-sia atau tidak. 

Mengetahui Konten Terpopuler

Dari Google Analytics, Anda bisa memperoleh pandangan mana saja konten yang berpengaruh besar terhadap angka penjualan. Selain itu, Anda juga akan tahu mana konten yang paling disukai pengunjung. Sehingga, Anda bisa memadukan keduanya untuk meluncurkan produk terbaru. Bagi anda yang sedang melakukan optimasi SEO, hal ini menjadi sangat penting. Jika anda kurang memahami Optimasi SEO, bisa mempercayakan penanganan konten website anda pada Jasa SEO kami.

Memahami Kata Kunci

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah website Anda laku atau tidak, salah satunya dari kata kunci. Apakah kata kunci yang diinginkan pelanggan tertera di website Anda? Atau kata apakah yang sering dicari pelanggan melalui website Anda? Ini menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Juga, inilah keunggulan utama dari Google Analytics

Memahami Perilaku Pengunjung

Setiap pengunjung pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang memang suka berselancar di website Anda. Ada pula yang langsung melakukan transaksi. Namun, ada juga yang perlu menggunakan fasilitas live chat untuk mengetahui produk lebih detail. Nah, perilaku pengunjung seperti itu dapat Anda pantau dari Google Analytics. Sehingga membantu perkembangan bisnis Anda. 

Integrasi Google Analytics

Lalu, bagaimana cara meng-integrasikan website anda pada Google Analytics? Caranya cukup mudah, silahkan ikuti beberapa langkah mudah berikut:

1. Pastikan Anda memiliki akun Google, jika Anda belum mempunyai akun, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

2. Masuk ke URL Analytics https://marketingplatform.google.com/about/analytics kemudian Sign In to Analytics menggunakan akun yang sudah Anda buat sebelumnya. Klik tombol Set up for free

3. Isikan Nama Akun yang akan dibuat

4. Lalu, pilih web pada bagian “What do you want to measure?”

5. Langkah selanjutnya, isi beberapa data berikut di bagian Property

  • Setup Website Name (Nama Website Anda)
  • Website URL (URL Website Anda, misal https://www.nawadwipa.com)
  • Industry / Category (Category Website)
  • Reporting Time Zone (Zona Waktu Pelaporan, Anda bisa memilih GMT +7 untuk wilayah Indonesia)

Setelah semua data di atas terisi dengan benar, klik create.

Akan muncul pop up mengenai terms and conditions dan controlling data, klik “I Accept”

Setelah itu akan muncul Tracking ID, Tracking ID yang muncul pada halaman tersebut merupakan sebuah kode pelacakan situs website Anda yang nantinya akan anda pasang di website anda.

Jika anda pengguna Wordpress tentu anda tidak akan kesulitan memasang Tracking ID tersebut pada website anda. Begitu juga halnya bagi anda yang membangun website anda dari nol, kami yakin pasti anda tidak menemui kesulitan untuk Integrasi Google Analytics pada website kesayangan anda. Jika anda membutuhkan bantuan kami, jalngan ragu untuk menghubungi Nawadwipa.