Apa itu Google Search Console

Apa itu Google Search Console

Apa itu Google Search Console - Bagi anda yang sudah memiliki sebuah website atau blog, atau bahkan bagi anda yang berkecimpung sebagai Jasa Pembuatan Website di Bali dan Jasa SEO pasti tidak asing dengan istilah yang kami sebutkan pada judul. Ya, Google Search Console adalah salah satu fasilitas Google untuk membantu blogger / webmaster dalam mengoptimalkan proses pelacakan dan hubungannya dengan web crawl.

Google menyediakan Search Console yang sebelumnya dikenal dengan Google Webmaster Tool secara gratis alias tidak berbayar, padahal fitur yang diberikan sangat lengkap untuk mendukung berbagai kebutuhan. Mulai dari melihat backlink, performa website di halaman mesin pencari, posisi artikel, daftar kata kunci, hingga menganalisa sumber trafik tertinggi.

Cara Menambahkan Website ke Google Search Console

Buka Google Search Console atau klik link berikut ini.

Buka tanda panah di section search property kemudian klik Add Property 

searchconsole1

Masukkan Alamat website anda.

Note:

Jika anda pengguna blogspot dengan custom domain ataupun tidak, anda bisa menggunakan "domain", sistem search console akan secara otomatis memverifikasi website anda.

Jika anda website anda bukan blogspot, gunakanlah URL prefix.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan verifikasi website anda. Cara pertama adalah mendownload HTML file, kemudian Upload pada server anda. Jikatidak memungkinkan untuk melakukan itu, gunakan metode HTML Tag kemudian copy-paste sebelum code <body>

Screen Shot 2021-05-28 at 20.29.13

Klik Verify jika sudah melakukan salah satu step diatas.

Screen Shot 2021-05-28 at 20.34.11

Done, Go to property.

Google Search console sangat bermanfaat untuk memantau pergerakan website anda pada SERP, jangan terlalu bergantung pada SEO Tools lain yang bertebaran di dunia Internet sana. Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Website kami ataupun Jasa SEO kami, jangan ragu untuk menghubungi kami Nawadwipa.