Apa itu Tag Meta dan Mengapa Penting untuk SEO?

Apa itu Tag Meta dan Mengapa Penting untuk SEO?

Admin - 10 March 2023

Apa itu Tag Meta dan Mengapa Penting untuk SEO? - Apa itu tag meta? Tag meta adalah deskripsi yang muncul di halaman hasil pencarian saat Anda menjelajahi Internet. Mendapatkan situs web Anda di halaman pertama hasil pencarian itu sulit. Selain banyak pesaing kami, algoritma peringkat hasil pencarian Google juga sangat tidak dapat diprediksi. Nah, SEO adalah cara untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs web Anda. SEO memiliki perintah untuk mengoptimalkan meta tag Anda.

Apa itu tag meta?

Pikirkan tag meta sebagai ringkasan singkat dari halaman Anda. Ini dapat digunakan untuk mesin pencari dan pengguna untuk melihat pratinjau konten halaman. Pada dasarnya, tentang apa halaman Anda? (Dalam hal ini, Anda dapat menilai buku dari sampulnya.)

Meta adalah kependekan dari metadata, yang merupakan jenis informasi yang diberikan oleh tag ini–data tentang data di halaman Anda.

Tag meta tidak muncul di halaman web Anda yang sebenarnya tetapi ada di halaman HTML. Ini adalah teks pratinjau yang dilihat pengguna di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Apa itu tag meta

Mengapa tag meta sangat penting untuk SEO?

Tag meta adalah kesan pertama yang dimiliki seseorang tentang halaman Anda di SERP. Deskripsi meta yang baik akan menarik pengguna untuk mengklik dan mengunjungi situs Anda. Mereka memastikan bahwa mesin telusur mengetahui tentang konten Anda, sehingga mereka dapat menampilkan situs web di hasil yang sesuai.

Anggap saja seperti ini: Anda menjelajahi rak toko dan melihat satu produk dengan label yang sudah usang dan umumnya tidak menarik. Itu meninggalkan informasi penting, seperti terbuat dari apa produk itu? Anda kemudian melihat label pada produk lain yang segar dan menarik, dengan daftar bahan yang terlihat. Anda akan membeli produk dengan label terbaik. Sama halnya dengan tag meta, jika deskripsi meta Anda buruk  tidak ada yang akan mengklik konten Anda.

Deskripsi meta sering kali merupakan informasi utama yang menentukan hasil mana yang diklik pengguna, jadi sangat penting untuk menggunakan meta tag berkualitas tinggi di halaman web Anda.

Dua tag meta terpenting:

Tag judul: yang menentukan judul halaman web. Ini adalah judul halaman yang ditampilkan Google di hasil pencarian.

Deskripsi meta: yang cukup menjelaskan konten halaman Anda. Search engine sering menggunakannya untuk snippet di hasil pencarian.

Keduanya mudah diimplementasikan dan tidak memerlukan pengetahuan pemrograman.

Di mana tag judul muncul?

Sekarang setelah kita membahas apa itu, mari masuk ke praktik terbaik. Tag judul Anda akan muncul di tiga tempat utama:

Tab peramban. Ingatkan pengunjung tentang konten halaman Anda dengan menampilkan judul deskriptif di tampilan tab browser.

Halaman hasil mesin pencari (SERP). Menarik pencari untuk mengklik hasil Anda dengan tag judul 60 karakter atau kurang untuk memastikannya tidak muncul terpotong oleh mesin pencari.

Situs eksternal, seperti Facebook atau Twitter. Uraikan dengan jelas konten halaman dalam judul singkat yang menarik perhatian pengguna.

Cara mengoptimalkan tag judul Anda untuk meningkatkan SEO:

Pertahankan panjang judul antara 55-60 karakter.

Gunakan kata kunci target dalam judul. (Lebih lanjut tentang ini di bawah).

Gunakan kata-kata tindakan yang menjawab pertanyaan bagaimana, mengapa, apa, dan di mana.

Buat judul unik agar menonjol dari artikel serupa.

Coba pisahkan tag judul Anda dengan tanda titik dua, pertanyaan, atau tanda kurung dan nama perusahaan Anda untuk meningkatkan keterbacaan dan pengenalan merek.

Apa yang membuat deskripsi meta bagus?

Ingatlah bahwa terkadang lebih sedikit lebih baik. Tag meta yang baik akan memiliki kutipan yang langsung ke intinya, dengan informasi yang paling bertarget dan penting dalam 120 karakter pertama. Ini akan mendorong RKPT tertinggi. Pikirkan tag meta sebagai perpanjangan dari teks iklan Anda, jadi pastikan itu menarik, mengundang, dan bijaksana sambil tetap ringkas.



Artikel Terkait