5 Strategi Dasar SEO Organik

5 Strategi Dasar SEO Organik

Admin - 07 March 2023

5 Strategi Dasar SEO Organik - Dari semua strategi pemasaran Internet yang digunakan saat ini, pengoptimalan mesin pencari organik - atau SEO organik - salah satu metode tertua yang telah teruji pertempuran untuk mencapai peringkat teratas dalam hasil pencarian. SEO organik berfungsi untuk membangun peringkat situs web berdasarkan konten yang sangat relevan yang berlaku untuk frasa kata kunci yang dicari pengguna.

Untuk mencapai peringkat tinggi dalam hasil pencarian organik, ada berbagai strategi SEO on-page dan off-page SEO yang bekerja bersama-sama untuk membantu membangun otoritas dan kepercayaan mesin pencari pada frase kata kunci yang dipilih.

Di bawah ini Anda dapat membaca lima strategi dasar yang digunakan untuk pengoptimalan mesin telusur guna mendapatkan keuntungan dari strategi SEO organik.

5 Strategi Dasar SEO Organik

Penelitian Kata Kunci Yang Detail

Penelitian kata kunci adalah proses mengungkap frase kunci yang paling bermanfaat yang dicari pengguna Internet yang ingin Anda targetkan untuk kampanye SEO organik Anda. Sebelum memulai analisis kata kunci, Anda harus menentukan siapa audiens target Anda dan apakah Anda akan menargetkan pengguna Internet pada skala lokal, regional, nasional, atau global.

Jika Anda hanya menargetkan pencari lokal, Anda pasti ingin mengungkap frase kata kunci yang menggunakan pengubah geo-spesifik untuk target kata kunci Anda. Ada banyak alat berguna yang memungkinkan Anda melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan frasa mana yang sedang dicari oleh pengguna Internet. Salah satu yang terbaik semisal Google Keyword Planner, Wordtracker, KeywordTool, Google Search Console, dsb, yang merupakan alat analisis kata kunci gratis yang mencantumkan kata kunci berdasarkan volume pencariannya dan seberapa kompetitifnya.

Miliki Copywriting SEO Yang Kuat

Setelah Anda menemukan kata kunci yang paling menguntungkan untuk kampanye SEO organik Anda, Anda kemudian ingin meminta copywriter SEO profesional mengembangkan konten web yang dioptimalkan untuk situs web Anda yang menggunakan kata kunci ini dengan cara strategis yang menguntungkan SEO organik.

Setiap halaman web di situs Anda harus didedikasikan untuk frase atau topik kata kunci utama dan frase atau topik kata kunci tersebut harus digunakan di seluruh konten web pada setiap halaman secara strategis dalam tag header (H1, H2, H3, dll.) dan di seluruh isi teks.

Memanfaatkan tag yang kuat pada frase kata kunci Anda juga membuat mesin pencari tahu bahwa kata ini lebih penting daripada yang lain di halaman web Anda. Memiliki copywriting SEO yang dioptimalkan dengan baik adalah unsur utama dalam kesuksesan keseluruhan strategi SEO organik Anda.

Mengoptimalkan Tag Meta

Tag Meta adalah tag informasi yang memberi tahu mesin pencari tentang halaman web Anda. Ada 3 tag Meta utama yang harus dioptimalkan untuk manfaat SEO organik di mesin telusur.

Tag pertama adalah tag Judul. Tag Judul, yang muncul di bagian paling atas setiap halaman di halaman hasil mesin pencari (SERP) harus menyertakan frase kata kunci yang Anda targetkan di bagian depan tag judul.

Tag meta terpenting kedua yang dapat Anda optimalkan yaitu tag deskripsi. Tag deskripsi meta adalah blok konten 160 karakter singkat yang muncul di bawah URL halaman di SERP. Menyertakan kata kunci yang Anda targetkan dan variasi dari kata kunci tersebut adalah praktik terbaik untuk mengoptimalkan halaman web Anda untuk SEO organik.

Tag meta terakhir yang dibahas adalah tag kata kunci meta. Jangan mengisi tag meta kata kunci secara berlebihan, tetapi sertakan frase kata kunci utama dan beberapa variasi kata kunci yang terkait erat dalam tag.

Optimasi Struktur URL SEO Friendly

URL situs web Anda juga harus mencantumkan kata kunci yang ditargetkan. URL ramah mesin pencari yang dioptimalkan berfungsi untuk mendukung salinan web dan tag meta yang dioptimalkan dengan memasukkan frase kata kunci bertarget yang sama dalam string URL dan memudahkan keterbacaan untuk robot mesin pencari.

Jika halaman web Anda memiliki kata kunci bertarget yang sama di Meta tag, di struktur halaman dan di URL, semuanya digabungkan untuk membuat halaman web Anda sangat relevan dengan frase kata kunci yang ditargetkan untuk kampanye pencarian organik Anda.

Mulai Strategi Konten Marketing

Setelah situs web Anda dioptimalkan dengan baik dengan jasa SEO organik, langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah memulai kampanye pemasaran konten yang membantu membangun tautan ke situs web Anda.

Membangun tautan ke halaman web serta membangun otoritas untuk halaman web Anda pada topik tertentu yang dibahas bukan perkara mudah. Banyak proses dan tahapan yang harus dilewati.

Cara terbaik untuk mendapatkan tautan balik adalah dengan membuat blog dan menulis artikel yang bermanfaat, serta mendistribusikan konten lain ke situs web lain seperti video dan siaran pers yang membantu membangun kredibilitas website Anda dan membantu membangun tautan kembali ke situs Anda.

Strategi pemasaran konten di luar situs ini merupakan roda penggerak penting dalam mencapai kesuksesan SEO organik jangka panjang.



Artikel Terkait