Manfaat SEO Organik (Search Engine Optimization)
Admin - 28 February 2023
Manfaat SEO Organik (Search Engine Optimization) - Jika Anda akan menjual segala jenis produk atau layanan secara online, pada akhirnya Anda harus mengoptimalkan situs Web Anda untuk Mesin Pencari, untuk meningkatkan lalu lintas dan penjualan.
Bertahun-tahun yang lalu, cukup mudah untuk menarik lalu lintas yang efektif, karena situs berbasis konten yang bagus, dengan produk yang bagus, sudah cukup untuk mendapatkan peringkat situs Web yang tinggi di Mesin Pencari. Persaingan telah meningkat seribu kali lipat sejak saat itu, dengan miliaran situs Web yang ada secara online sekarang, membuat persaingan yang sangat ketat di bidang penempatan dan peringkat Mesin Pencari.
Optimasi dengan Situs SEO Friendly
Meningkatnya persaingan ini telah memunculkan banyak gaya berbeda, dan banyak metode pengoptimalan situs Web yang berbeda. Optimasi hanyalah metode membuat situs Web "Ramah Mesin Pencari", dengan menggunakan metode peningkatan yang akan meningkatkan peringkat dan penempatan dengan menempatkan situs Web lebih tinggi di SERPs (Halaman Hasil Mesin Pencari).
Semuanya mulai dari perangkat lunak untuk meningkatkan peringkat dan penempatan, hingga Manajemen Mesin Pencari dan Perusahaan Pemasaran ada, dengan banyak pedagang online menjadi bingung tentang apa atau "siapa" yang akan digunakan dan bagaimana menggunakan berbagai layanan secara efektif untuk meningkatkan peringkat dan penempatan.
SEO Organik (Alami)
SEO organik, juga disebut SEO Alami, adalah metode pengoptimalan yang paling memakan waktu dan paling membosankan untuk penempatan dan peringkat. Namun, hasil akan bertahan lama, karena memiliki fokus pada konten, peningkatan meta-tag menggunakan deskripsi yang tepat, salinan kata kunci yang ditingkatkan dalam kepadatan Mesin Pencari yang ditentukan, dan pertukaran tautan. Selain itu, laporan padat kata kunci, artikel, dan materi konten lainnya biasanya ditambahkan secara rutin ke situs untuk mempertahankan kepadatan yang diperlukan dan meningkatkan peringkat dan penempatan.
SEO organik, jika dilakukan dengan benar dalam pendekatan langkah demi langkah, benar-benar dapat meningkatkan lalu lintas dan peringkat selama bertahun-tahun. Ini juga dapat mengurangi biaya pemasaran secara keseluruhan, karena penggunaan PPC (Pay Per Click), tidak diperlukan sebanyak metode ini. Kelemahan utama dengan jenis SEO ini, bagaimanapun, adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk menerapkan semua langkah yang diperlukan dengan benar, dan lamanya waktu yang dibutuhkan Mesin Pencari untuk benar-benar mencari dan mengindeks situs yang telah menerapkan SEO Organik proses demi proses.
SEO Non-Organik (Artificial)
SEO Non-Organik, juga disebut SEO Buatan, dapat mengambil banyak bentuk, dan dapat menggunakan beberapa SEO Organik ditambah dengan teknik lainnya. Teknik-teknik ini dapat mencakup halaman yang disempurnakan kata kunci yang dihasilkan perangkat lunak, beberapa metode pengarahan ulang, di mana lalu lintas diblokir dari situs lain, dengan izin mereka, dan halaman doorway yang dihasilkan perangkat lunak dan deskripsi meta-tag. Ada banyak teknik berbeda yang dapat digunakan termasuk yang agak kontroversial seperti teks tersembunyi yang dimuat dengan kata kunci, dan teks kecil.
Secara keseluruhan, metode SEO Non-Organik cukup populer, karena merupakan cara yang lebih cepat untuk menentukan peringkat dan penempatan. Tautan dapat dibeli dari "kumpulan tautan" yang merupakan layanan yang berspesialisasi dalam promosi tautan ke orang lain.
Meskipun SEO Non-Organik dapat mempercepat peringkat dan penempatan pada awalnya, perhatian harus diberikan saat menggunakan salah satu dari metode ini. Jika halaman padat kata kunci secara otomatis dihasilkan secara massal, Mesin Pencari mungkin melihat situs besar, dengan sejumlah besar halaman seperti "Spammer Mesin Pencari" dan risiko banned atau de-index adalah konsekuensi yang menjadi pertimbangan. Selain itu, halaman mungkin awalnya ditempatkan sangat tinggi, hanya untuk turun lebih rendah dengan cepat, karena Mesin Pencari masih memberi penekanan besar pada konten yang bagus, yang biasanya bukan fokus dari jenis SEO Non-Organik.
Tujuan Sebuah Situs
Semua hal tersebut tergantung pada tujuan keseluruhan dari sebuah situs, dan umur panjang dari hasil yang diinginkan oleh web master/pemilik situs. Itu juga tergantung pada seberapa cepat hasil dan penjualan dibutuhkan. Untuk beberapa situs musiman, seperti situs bertema liburan yang hanya bertahan selama beberapa minggu atau bulan, maka metode SEO Non-Organik yang lebih cepat bisa jadi cukup efektif. Di sisi lain, jika master Web/pemilik situs mempromosikan produk atau layanan yang telah menjadi komitmen mereka selama bertahun-tahun, atau mungkin seumur hidup, maka SEO Organik pasti akan menjadi pilihan metode pengoptimalan yang lebih baik.
Kesimpulan
Apa pun jenis metode SEO yang dipilih atau diterapkan, kampanye pengoptimalan yang berkelanjutan memang perlu ada, karena parameter yang digunakan untuk peringkat dan penempatan oleh Mesin Pencari, sering berubah, dan penelitian tentang berbagai metode saat ini perlu dilakukan secara rutin.