Pengertian dan Konsep Dasar Pemrograman Khusus Pemula

Pengertian dan Konsep Dasar Pemrograman Khusus Pemula


Admin - 18 January 2023

Pengertian dan Konsep Dasar Pemrograman Khusus Pemula - Belajar pemrograman bukanlah suatu hal yang sulit. Tidak sesulit belajar bahasa yang harus menghafal text dengan panjang lebar, tidak juga sesulit belajar matematika yang wajib menghitung dan menggunakan rumus-rumus yang sulit dipahami. Inti dari pemrograman adalah memberi instruksi atau dengan kata lain menyuruh komputer untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan. Selama instruksi yang kita berikan jelas, maka komputer pasti bisa merespon dan menyelesaikannya. yang jadi masalahnya adalah, bagaimana cara memberikan instruksi tersebut pada komputer? Kita bisa memberi instruksi pada komputer dengan membuat program. Program ini sebenarnya tidak lebih dari kumpulan instruksi yang kita tulis dengan bahasa pemrograman.

Pengertian Pemrograman

Pemrograman adalah aktivitas memberikan perintah terhadap komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sendiri merupakan instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu. Kumpulan tugas-tugas yang dapat dilakukan oleh komputer tersebut kemudian akan menjadi program atau perangkat lunak.

Perangkat lunak

Perangkat lunak adalah tuntunan instruksi yang ditulis dalam bentuk kode-kode menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi dengan menggunakan compiler yang sesuai, Sebagai catatan, sebetulnya tidak semua program harus dikompilasi ada juga yang langsung siap untuk digunakan

Instruksi-instruksi yang dapat diterima oleh komputer dapat memiliki perbedaan sintaks (aturan menyusun kode) dari bahasa satu ke bahasa lain. Namun demikian logika dan algoritma yang digunakan tetap sama. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menguasai logika, algoritma, dan struktur bahasa dari pemrograman agar apa pun bahasa pemrogramannya, kita dapat tetap memerintah komputer untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu yang merupakan esensi atau bagian penting dari pekerjaan seorang programmer.

Konsep dasar pemrograman 

Konsep dasar pemrograman wajib diketahui bagi programmer pemula dan siapa saja yang ingin memulai mempelajarinya lebih dalam. karena, coding membutuhkan instruksi khusus untuk menjalankannya.

Bahasa pemrograman umumnya berkaitan dengan keberadaan sebuah program. Dikutip dari buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java (Teori dan Aplikasinya) yg dikembangkan oleh Yuniansyah, suatu program terkoneksi dengan komputer.

Melalui bahasa pemrograman, komputer dapat menjalankan instruksi atau proses yang diinginkan. Nantinya, bahasa instruksi tersebut memungkinkan programmer menentukan data yang akan diproses oleh komputer. 

Sebagain bentuk dari hasil kerja perintah oleh seorang programmer akan menghasilkan suatu aplikasi pemrograman yang biasa dikenal salah satunya adalah aplikasi berbasis desktop maupun web based 

Demikian sekilas kita bahas mengenai Pengertian dasar atau konsep dasar pemrograman, selanjutnya akan kita bahas mengenai pengertian dari bahasa pemrograman dasar.

Semoga Bermanfaat, Terima kasih.  

 



Artikel Terkait