Apa Itu Pemrograman Desktop

Apa Itu Pemrograman Desktop

Admin - 17 November 2022


Apa Itu Pemrograman Desktop? - Hampir sebagian besar pengguna komputer telah menggunakan aplikasi desktop. Aplikasi desktop dapat ditemukan di mana saja hanya untuk setiap jenis penggunaannya. Namun, pada saat sekarang muncul trend baru yang disebut aplikasi berbasis internet web, aplikasi mobile (cloud).

Aplikasi desktop adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang diinstal pada komputer atau laptop. Aplikasi Ini bisa berfitur seperti Microsoft Excel, Word atau melakukan satu atau dua fungsi seperti aplikasi kalender. Biasanya, aplikasi desktop dibatasi oleh perangkat keras (hardware) yang dijalankannya. Dikombinasikan dengan aplikasi terminal mainframe, mereka memiliki antarmuka pengguna yang tidak kompleks. Mereka juga sulit untuk diperbarui, terutama jika peningkatan perangkat keras diperlukan agar aplikasi berfungsi.

Aplikasi desktop biasanya memiliki kontrol lebih besar atas komputer pengguna dibandingkan dengan aplikasi web. Selain itu, aplikasi desktop bisa dijaringan offline dan tidak perlu koneksi Internet dibandingkan dengan aplikasi web. Untuk itu kami akan menjelaskan dari hal tersebut kita merilis ada 5 (lima) Keunggulan Software Berbasis Dekstop, yaitu :

Rapid Development (Sistem Pengembangan Yang Cepat)

Didesain untuk menjadi solusi cepat dan mudah untuk membangun antarmuka pengguna grafis (GUI), terutama ketika menggunakan Windows Forms di Visual Studio untuk Windows. Dari perspektif developer, Anda dapat mengakses lebih banyak sumber daya komputasi dari aplikasi desktop karena Anda tidak menggunakan browser web sebagai jembatan untuk menjalankan aplikasi, dengan keterbatasannya. Pengembangan applikasi desktop memungkinkan Anda untuk menulis kode lebih dekat ke bahasa mesin yang standar untuk kebanyakan mesin yang menjalankan browser web, menyediakan akses ke alat tingkat yang lebih rendah untuk kinerja yang lebih baik.

Security (Keamanan)

Karena pengguna menyimpan datanya sendiri di sistem komputernya sendiri (program ini berjalan dari desktop/pc komputer server dan pengguna (client)), ini mempersulit para peretas untuk mendapatkan akses ke data Anda karena tidak terhubung ke jaringan internet.

Kenyamanan 

Dari sudut pandang pengguna, ini terasa lebih selaras dengan OS GUI Anda jika aplikasi desktop dibuat mengikuti standar UI / UX untuk masing-masing platform yang berbeda. Meskipun saat ini Anda dapat melakukan sebagian besar hal yang Anda lakukan di desktop di browser web (aman untuk perangkat lunak komputasi mahal yang perlu berkomunikasi langsung dengan OS) itu masih terasa kurang terintegrasi dan nyaman untuk menggunakan aplikasi melalui tab browser web.

Performa dan Kecepatan

Saat ini, kinerja dan stabilitas aplikasi desktop masih jauh di depan aplikasi web, bayangkan Anda membuat aplikasi besar (contoh: aplikasi perdagangan saham),  masih banyak celah antara stock tick yang ditampilkan di native dan di web. Stabilitas ikut bermain juga, lebih sering jika Anda membangun aplikasi yang kompleks, Anda akan menemukan browser Anda tertinggal untuk beberapa saat dan resume lagi sementara Anda tidak akan menemukan hal seperti itu di aplikasi desktop

Efisien

Aplikasi desktop adalah aplikasi yang berjalan di desktop atau laptop komputer pengguna. Aplikasi semacam itu dapat berinteraksi dengan perangkat lunak sisi server, di mana mereka dikenal sebagai clients. Manfaat utama dari aplikasi desktop adalah efisiensi tinggi dan fleksibilitas antarmuka pengguna. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis desktop lebih stabil, aman dan umumnya tidak menggunakan jaringan internet dalam penggunaannya.

Itulah sebagian penjelasan mengenai pemrograman desktop, pada bagian berikutnya akan dijelaskan jenis2 software yg digunakan dalam pemrograman desktop. Jangan ragu untuk menghubungi Nawadwipa jika Anda membutuhkan jasa aplikasi berbasis web / desktop untuk mendiskusikan hal yang Anda butuhkan.



Artikel Terkait