Mengenal Jenis-Jenis Layout Website

Mengenal Jenis-Jenis Layout Website

Mengenal Jenis-Jenis Layout Website - Bagi anda yang sedang belajar membuat website atau para pelaku Jasa Pembuatan Website, Layout sebuah website merupakan elemen dasar yang sangat penting bagi tujuan website itu sendiri. Penggunaan layout yang baik dan nyaman secara visual akan memaksimalkan potensi website anda agar pengunjung betah di website anda.

Ada banyak faktor penentu keberhasilan sebuah website, dan salah satu yang harus diperhatikan oleh seorang web designer adalah desain layout atau layout website. Bahkan jika Anda memiliki situs web yang bagus dengan konten suara dan gambar, itu akan terlihat timpang jika Anda gagal membuat tata letak yang menguntungkan. Tata letak situs web profesional dengan beberapa elemen visual magis akan mencerahkan pandangan setiap pengunjung yang bergerak di situs Anda.

Karena tata letak menentukan daya tarik visual keseluruhan situs Anda, sebaiknya kumpulkan beberapa ide dasar tentang berbagai jenis tata letak web. Setiap desain tata letak memiliki beberapa keunikan dan tujuan. Para penggiat Jasa Pembuatan Website di Bali perlu memahami tujuan yang mendasari tata letak yang berbeda karena akan membantu mencapai desain web yang fantastis. Tidak hanya elemen visual yang penting tetapi juga desain tata letak yang ramah SEO dan ramah pengguna. Berikut ini adalah beberapa jenis tata letak yang dapat Anda pilih untuk digunakan dalam membuat situs web atau website.

Fixed Layout

Ini adalah tata letak atau tata letak primitif yang disukai banyak orang, dan mudah dibuat serta disesuaikan. Seperti namanya, komponen situs web dikemas dalam lebar tetap. Dari penjelasan di atas jelas bahwa siapa pun yang melihat situs web dari browser dengan ukuran berapa pun akan melihat situs web dan komponennya dalam lebar tetap dan mereka tidak akan bergerak. Jika anda menggunakan layout tipe tetap atau fixed, lebar layout website tetap sama meskipun dilihat di browser yang berbeda. Jika dilihat melalui layar yang lebih besar, pengguna akan disuguhkan sebuah spasi. Saat dilihat di layar yang lebih kecil, pengguna harus menggulir situs web secara horizontal (yang tidak disukai sebagian besar pengguna) untuk melihat elemen web.

Fluid Layout

Ini adalah salah satu jenis tata letak yang paling disukai oleh pembuat website. Tata letak yang lancar akan membuat seluruh situs web terlihat bagus di browser yang berbeda. Persentase lebar yang dirancang untuk elemen situs beradaptasi dengan baik dengan berbagai ukuran layar dan sangat cocok dengan resolusi layar pengguna. Beberapa hal menarik tentang tata letak ini adalah: Tidak ada perbedaan dalam ruang kosong yang berlebihan saat dilihat melalui browser yang berbeda, tata letak fluida yang dirancang dengan baik dapat menangani pengguliran horizontal untuk meningkatkan visibilitas pengguna, mengatur berbagai ukuran untuk video, konten, gambar agar sesuai resolusi layar yang berbeda.

Responsive Layout

Singkatnya, ini hanyalah kombinasi dari dua tata letak lainnya, fixed dan fluid. Ini adalah tata letak terbaik yang diadopsi sebagian besar situs web hingga saat ini, terutama setelah masuknya ponsel ke pasar. Pada tipe ini, ukuran font menyesuaikan sendiri setiap kali resolusi layar berubah. Jadi, jika seorang bali web programmer menggunakan jenis ini, tata letaknya akan sesuai dengan berbagai ukuran dan resolusi layar yang berbeda sehingga memberikan visibilitas pengguna web yang menyenangkan.