In Desain Grafis

Font apa yang digunakan pada logo Google?  pertanyaan itu sering timbul dikalangan desainer grafis maupun umum ,  ada yang berasumsi bahwa font yang digunakan pada logo Google adalah  Century Gothic, sedangkan  ada juga yang mengatakan font pada logo Google mirip dengan font Futura

Namun sepertinya yang paling mendekati typeface pada logo Google tersebut adalah jenis font Futura. Walaupun jika dilihat dengan lebih teliti ternyata yang digunakan oleh Google bukanlah font Futura, Anda bisa memperhatikan perbedaan dibawah ini.

 

LOGO GOOGLE

 

           LOGO GOOGLE JIKA MENGGUNAKAN FONT FUTURA

 

          PERBANDINGAN FONT FUTURA (transparan) DENGAN FONT GOOGLE

 

Sekilas font Futura ini sangat mirip dengan jenis font yang digunakan pada logo Google

Mari Kita Lihat Perbedaannya

Perbedaan pada huruf ‘G’ besarnya, dimana huruf ‘G’ nya terlalu terbuka. Huruf ‘o’ relatif sama dengan font yang ada di font Futura, perbedaan terlihat pada huruf ‘g’ dimana yang digunakan google lebih pendek pengaitnya, untuk huruf ‘l’ yang ada di Futura juga tampak lebih tinggi dibanding ‘l’ pada logo Google, sedangkan huruf ‘e’ yang dibuat lebih miring juga terlihat berbeda karena yang digunakan oleh Google lebih terbuka sedangkan pada font Futura pengaitnya lebih tertutup.

Pada halaman resmi Google Design Identity sendiri menyebut bahwa seiring dengan pengembangan logotype, mereka melakukan kostum/memodifikasi typeface geometri sans-serif untuk digunakan pada logo yang akan digunakan pada setiap produk dan identitas mereka nantinya, dan mereka memberi nama ciptaan mereka tersebut dengan nama “Google Product Sans”. Namun font Google Product Sans ini tidak dapat di download dan digunakan begitu saja karena font ini tidak open source.

 

 

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat