In Website

Sekarang kita akan membahas tentang perbedaan antara Web Desain (Web Design) dan Pengembangan Web (Web Development). Sebenarnya ini adalah dua peran yang terpisah dalam proses pembuatan Website, namun untuk beberapa orang atau perusahaan ada yang melakukan keduanya bersama-sama tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Karena akan melibatkan keterampilan yang berbeda untuk Web Design & Web Development serta masih banyak pekerjaan yang tersedia baik untuk desain dan pengembangannya.

Tapi mari kita masuk ke sedikit lebih detailnya pada masing-masing hal tersebut



Web Desain (Web Design)

Web Desain adalah bagaiamana website untuk nantinya akan terlihat dan terpampang pada situs anda. Disini penyedia jasa web desain akan mengatur semua details didalam nya agar para pengunjungnya dapat menerima pesan yang di sampaikan dari situs itu dengan mudah untuk di tangkap dan di terima. Setiap details desain website tersebut di siapkan seperti untuk bentuk Font, penempatan gambar, pemberian warna serta bagaimana pengalaman untuk para pengguna (UX User Experience) tersubut nantinya. Desainer membutuhkan lebih banyak pemahaman tentang prinsip-prinsip desain dan kreativitas untuk menghasilkan tata letak yang unik dan menarik.

Pengembangan Website (Web Development)

Hal ini akan mencakup lebih kepada koding nya. HTML & CSS adalah hal yang paling dasar dari pengembangan itu. Para web development akan membangun website yang sudah di desain sedemikan rupa, memastikan apakah website berfungsi serta berjalan baik dan sesuai dengan desain. pengembang akan lebih fokus pada pemikiran berbasis logika dan pemahaman tentang bagaimana kode dan teknologi bekerja.

HTML tersebut akan mengatur struktur dasar dari website dan kemudian CSS digunakan untuk mendesain struktur yang berbasis HTML tersebut kembali agar sesuai dengan warna dan bentuk desain yang dibuat. Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda dan tidak semua pengembang web (Web Development) akan mengerti.



Dalam kedua hal ini yang memegang peran utama menurut kami adalah Web Desain (Web Design). Para web desain harus lebih banyak pemahaman tentang dasar & prinsip-prinsip desain serta kreativitas untuk menghasilkan tata letak yang unik dan menarik. web desain juga harus mengerti apa dan bagaimana desain nya bisa diterapkan ke dalam bahasa pemrograman. Jika mereka sama sekali tidak memiliki dasar dari suatu bahasa pemrograman website tersebut aka sulit atau bahkan tidak bisa di terapkan bagi pengembang web untuk membangunnya.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat