In Desain Grafis

Cetak Offset

Merupakan teknik cetak yang digunakan untuk mencetak media yang sangat banyak (massal), secara umum cetak offset dilakukan untuk keperluan komersial. Ciri khas dalam teknik cetak offset yaitu diperlukan penggunaan Film dan Plat cetak (almunium Plate) yang akan dimanfaatkan sebagai media transfer dokumen yang akan dicetak ke permukaan media kertas, plastik, dll. dan dokumen yang akan dicetak akan diisi tinta dari roll mesin.



Harga cetak offset justru memiliki harga yang cukup tinggi jika volume media yang akan dicetak berjumlah sedikit, karena proses cetak offset memerlukan pembuatan pelat & film. Satu pelat mewakili satu bidang dokumen, satu warna dan jenis. Semakin banyak jenis dokumen dan warna yang digunakan, maka jumlah biayanya pun semakin besar. Selain menggunakan pelat, harga pada cetak offset juga ditentukan oleh jenis kertas, gradasi warna, ukuran kertas dan kualitas warna.

 



KEUNGGULAN MENGGUNAKAN TEKNIK CETAK OFFSET

  1. Kualitas hasil cetak atau kualitas warna jauh lebih tahan lama (tidak cepat pudar) dibandingkan dengan print digital.
  2. Dapat melakukan pencetakan di berbagai permukaan jenis media kertas yang tidak dapat di lakukan oleh mesin cetak digital, seperti dapat mencetak dalam ketebalan kertas sampai 400gr, mampu mencetak pada bidang bermotif seperti amson, embossed /engrave Paper, kertas recycle, cetak offset juga dapat mencetak pada media  yang cukup besar
  3. Dapat mencetak pada bahan kertas yang bergramatur tipis seperti yang sering digunakan untuk buku nota/NCR.
  4. Dapat menggunakan tinta  emas dan silver, gradasi warna yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan cetak digital.
  5. Harga cetak  dalam kwantitas banyak akan sangat jauh lebih murah dibandingkan digital print.
Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat