In Email

Thunderbird adalah aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya yang dapat anda peroleh secara gratis atau cuma cuma. Thunderbird ini adalah salah satu produk turunan dari Mozilla. Pada awalnya Mozilla selalu mengemas aplikasinya dengan Browser + Mail Client. Namun, Mozilla mencoba memecah produknya dan membuatnya jauh lebih menarik dan ringan. Project Browsernya bernama: FireFox, dimana Project Mail Client-nya bernama: Thunderbird.

Thunderbird diproduksi untuk beberapa operating system, antara lain: Windows, Linux (Unix), atau MacosX. Thunderbird mempunyai kemampuan untuk berganti-ganti themes, dan dapat ditambahkan dengan plugin. Thunderbird juga bisa melakukan import setting dan mail dari Outlook Express, Mozilla / Netscape. Thunderbird bisa berfungsi sebagai RSS feeder, yaitu untuk membaca atau melakukan cek blog ala RSS.



Berikut adalah tutorial/ petunjuk Setting account email Pada Mozilla Thunderbird.

1. Silahkan buka aplikasi Mozilla Thunderbird anda, pilih File > New > Get a New Mail Account.

2. Anda akan dibawa ke jendela Selamat datang. Untuk setting email domain anda sendiri (Contoh saya menggunakan cs@balimechanicweb.net) klik Skip this and use my existing email.

3. Ketikan nama, Alamat Email  dan password email kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

4. Thunderbird secara otomatis akan menemukan alamat server Email (Ini tergantung dari Layanan Hosting yang anda gunakan) yang anda masukkan atau anda bisa mensettingnya secara manual dengan meng-klik tombol Manual Config. Klik Done jika konfigurasi sudah benar.

5. Email anda siap untuk digunakan.

Recommended Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat