Praktik SEO On-Page Pada Sebuah Situs Web

Praktik SEO On-Page Pada Sebuah Situs Web

Admin - 06 December 2022

Praktik SEO On-Page Pada Sebuah Situs Web - SEO On-page mengacu pada praktik mengoptimalkan halaman web untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari situs web dan dengan tujuan mendorong lalu lintas organik. Namun terkadang, praktik terbaik belajar SEO yang disarankan oleh praktisi acak bisa menyesatkan. Tidak perlu khawatir karena kami akan membantu Anda dengan memberikan beberapa tips. Panduan ekstensif kami akan memandu Anda melalui beberapa trik SEO di halaman yang direkomendasikan dan dipraktikkan oleh para pakar di agensi SEO mana pun yang harus Anda ikuti jika ingin meningkatkan visibilitas situs web di mesin telusur.

Konten Berkualitas Tinggi

Konten adalah jantung dari SEO on-page. Google selalu memprioritaskan konten berkualitas tinggi. Konten yang informatif dan ramah pengguna secara otomatis mendorong lebih banyak pemirsa dan dengan demikian memperoleh peringkat yang lebih tinggi.

Langkah pertama untuk membuat konten berkualitas adalah memilih topik dan kata kunci yang relevan. Kiat yang disebutkan di bawah ini akan membantu Anda menghasilkan konten yang hebat:

Optimasi Kata Kunci

Dengan banyaknya algoritma yang diterapkan dan rumit, Google secara konsisten meningkat dalam memahami maksud para pencari. Tidak lagi hanya mengandalkan kata kunci populer tetapi memberikan konten berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu tujuan utama Google adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Strategi SEO jadul seperti isian kata kunci (stuffing keywords) dihukum oleh algoritma Penguin Google. Inilah mengapa sangat penting untuk mempelajari kepadatan kata kunci yang ideal sebelum menulis konten.

Perkembangan selanjutnya, algoritma Panda bertugas mengevaluasi situs berdasarkan kualitas konten dan situs yang memiliki halaman dengan konten berkualitas tinggi umumnya dihargai peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian mesin telusur.

Saran kami adalah melakukan riset kata kunci dan memasukkan frase kata kunci (long-tail keywords). Kata kunci ini lebih spesifik dan memiliki kedekatan dengan kueri penelusuran. Juga, pastikan bahwa kata kunci muncul secara alami atau organik ke dalam konten dan tidak terlihat dipaksakan.

Tambahkan Konten Visual yang Relevan, Menarik, dan Berkualitas Tinggi

Konten visual lebih efektif di otak manusia. Otak kita dapat memproses visual lebih dari 60.000X kali lebih cepat daripada teks. Selanjutnya, sebuah studi mengungkapkan bahwa visual dapat meningkatkan keinginan untuk membaca konten hingga 80%.

Saat mengunggah konten visual apa pun, pastikan untuk mengoptimalkannya dengan benar. Misalnya, kompres gambar tanpa mempengaruhi kualitasnya dan pastikan tidak butuh waktu lama untuk dimuat. Sementara JPG digunakan untuk gambar berkualitas tinggi, PNG adalah alternatif ideal untuk logo, ikon, dll.

Juga, gunakan tag Alt (teks alternatif) sehingga spider mesin pencari mendapatkan petunjuk tentang gambar tersebut. Dibawah ini akan kami bahas secara detail tentang gambar Alt-text. Jadi teruslah membaca.

Sertakan CTA Yang Meyakinkan

Sertakan Call to Actions (CTA) untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman produk dan penawaran. Ini secara efektif dapat membantu mendorong lebih banyak konversi dan dengan demikian meningkatkan ROI (Pengembalian Investasi).

Konten halaman adalah inti dari semua proses SEO di halaman. Elemen SEO on-page lainnya berasal dari konten halaman, investasikan sumber daya dan waktu yang cukup untuk pengembangan serta pengoptimalannya.

Elemen Arsitektur Situs

Elemen arsitektur situs menunjukkan konstituen situs web dan halaman individual Anda. Cara Anda menyusun situs web membantu Google merayapi laman dan konten.

Halaman URL

URL halaman harus mudah dipahami oleh pembaca dan robot mesin pencari. Ini penting dilakukan guna mempertahankan hirarki situs saat membuat sub-halaman, blog post, dan jenis halaman sejenis (internal) lainnya.

https://arcbali.com/blog/

Di URL ini, blog adalah sub-halaman dan "arcbali.com" adalah domainnya. Simak tips berikut untuk menulis URL yang SEO friendly:

Hapus kata yang tidak perlu atau tambahan pada URL

Gunakan SSL sehingga alamat situs Anda berawalan "https" karena mesin telusur menggunakannya sebagai faktor peringkat positif.

Tautan Internal

Tautan internal mengacu pada proses hyperlink ke halaman lain di situs web Anda. Ini penting untuk SEO pada halaman karena tautan internal mengirimkan lalu lintas ke halaman web lain di situs Anda dan memberi tahu Google bahwa situs Anda bermanfaat dan berharga. Namun, pastikan tautan tersebut sesuai dengan topik konten karena memasukkan tautan internal yang tidak relevan akan mempengaruhi pengalaman pengguna.

Seperti yang telah kami sebutkan, meningkatkan pengalaman pengguna merupakan perhatian penting bagi Google dan seharusnya menjadi perhatian Anda. Oleh karena itu, tautkan hanya halaman-halaman yang benar-benar dapat membantu pembaca mengetahui lebih banyak tentang informasi tertentu dan penting. Hanya dengan begitu Anda dapat berharap untuk mengarahkan lalu lintas yang lebih tinggi ke halaman tersebut. Jika pengguna menganggap halaman yang ditautkan tidak relevan, mereka akan meninggalkan halaman tersebut untuk meningkatkan rasio pentalan (bounce rate). Juga, itu akan menghasilkan dampak negatif tentang merek Anda.

Kecepatan Situs (Site Speed)

Tahukah Anda bahwa sekitar 40% konsumen tidak menunggu lebih dari tiga detik untuk memuat halaman! Ini berbicara banyak tentang pentingnya mengoptimalkan kecepatan halaman untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan tingkat retensi. Anda dapat memeriksa kecepatan situs menggunakan alat Wawasan PageSpeed Google.

Optimalisasi kode adalah strategi populer untuk mempercepat waktu pemuatan. Anda harus menghapus jeda baris apa pun, spasi yang tidak perlu, dan memasukkan kode. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk meletakkan file JavaScript di bagian footer halaman web sehingga memuat di latar belakang tanpa menunda tampilan konten di halaman web.

Daya Tanggap Seluler (Mobile Responsiveness)

Dengan perangkat seluler menghasilkan sekitar 65,51% dari lalu lintas global, menjadi penting bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan situs yang ramah seluler.

Sangat penting untuk memilih desain situs web, tema, dan tata letak konten yang tepat dan mudah dibaca serta dinavigasi di perangkat seluler. Selain itu, jika Anda tidak yakin dengan respons seluler situs Anda, gunakan alat Tes Ramah Seluler Google.

Elemen HTML

Elemen HTML menunjukkan elemen dalam kode sumber halaman web. (Kiat singkat: Untuk memeriksa kode sumber, klik kanan pada halaman > lihat sumber halaman). Belajar lebih banyak tentang web standard di https://validator.w3.org/

Label Judul

Tag judul atau judul halaman adalah deskripsi singkat dari setiap halaman web yang muncul di bagian atas jendela browser. Judul adalah isyarat pertama untuk mesin pencari dan pengunjung apa yang dapat mereka temukan di halaman masing-masing. Berikut beberapa praktik terbaik untuk mengoptimalkan tag judul:

-Gunakan di bawah 70 karakter. Judul yang lebih panjang dapat terpotong di hasil pencarian.

-Lebih baik tidak mengisi judul dengan kata kunci karena memberikan pengalaman membaca yang berisi spam dan norak.

-Pastikan judul relevan dengan halaman.

-Jangan gunakan huruf besar semua saat menulis judul karena mempengaruhi keterbacaan.

Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah deskripsi halaman pendek dan padat yang berada di bawah judul di hasil pencarian (SERP). Deskripsi sangat mempengaruhi Click Through Rate (CTR) karena deskripsi meta yang menarik dan relevan berpeluang lebih baik untuk mengarahkan traffic daripada yang tidak teratur dan sembarangan. Sangat penting untuk pengoptimalan deskripsi metadata bagi pengguna dan mesin telusur.

Inilah cara Anda membuat deskripsi meta yang tepat:

-Tulis deskripsi ringkas, menarik dan relevan yang mengungkapkan produk atau layanan Anda.

-Pastikan deskripsi meta berkisar 160 karakter.

-Hindari menggunakan karakter semisal "-", "+", atau "&".

-Sisipkan kata kunci atau frase kata kunci (long-tail keywords).

Gambar Alt-teks

Image Alt-text adalah SEO untuk gambar. Ini akan membantu Google mengindeks konten gambar secara akurat. Bahkan jika gambar tidak dimuat selama beberapa kesalahan teknis, Google masih dapat membaca teks alternatif dan membantu menentukan peringkat halaman.

Ingatlah hal-hal berikut saat menambahkan teks gambar-Alt:

-Buatlah spesifik dan deskriptif.

-Pastikan bahwa itu relevan dengan konteks gambar.

-Gunakan di bawah 125 karakter.

-Gunakan kata kunci dengan hemat dan jangan memasukkannya. Jika ini tidak cocok secara alami, coba gunakan kata kunci semantik atau istilah terpenting dalam frase kata kunci (long-tail keywords).

Kami memahami bahwa banyak tugas yang harus diselesaikan untuk mengoptimalkan situs Anda. Dan inilah mengapa kami menyarankan Anda untuk melakukan outsourcing layanan SEO dari agensi SEO terkenal mana pun.

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan rencana SEO Anda, terapkan strategi ini di situs web Anda. Ingat bahwa SEO bukanlah kesepakatan do-it-and-forget-it. Oleh karena itu, Anda perlu terus melacak dan memodifikasi strategi SEO yang ada agar halaman Anda tetap relevan setiap saat. Semoga panduan Nawadwipa dapat membantu memahami cara mencapai keunggulan kompetitif dengan praktik dan taktik SEO tingkat lanjut.



Artikel Terkait