In CPanel, Email

Salah satu kelebihan memiliki hosting di nawadwipa.co.id dan nama domain sendiri adalah fitur email yang biasanya diikutsertakan. Dengan fitur ini anda bisa membuat email dengan nama domain anda sendiri seperti email@namadomain.com. Hal ini jelas terdengar lebih keren dibanding alamat email biasa yang bisa kamu buat di Google, Yahoo!, atau Zoho.

Untuk membuat email dengan nama domain anda sendiri caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menentukan nama emailnya lalu buat password dan tentukan alokasi storagenya, selesai! Email yang baru anda buat bisa langsung diakses melalui link domainkamu.com/webmail.

Bila anda baru pertama kali mengakses email tersebut, biasanya anda akan diminta untuk memilih satu di antara aplikasi webmail seperti Horde, RoundCube, atau SquirrelMail. banyaknya pilihan ini tidak jarang membuat pengguna awam bingung.



Perbedaan antara webmail Horde, RoundCube, dan SquirrelMail ada pada tampilan serta fitur yang dimilikinya. Untuk anda yang bingung memilihnya, anda bisa menggantinya setiap saat anda mau.

Meskipun memiliki penampilan yang berbeda, ketiganya memiliki fungsi dasar yang sama dengan email lain yang anda buat di Google atau Yahoo! seperti:

  • Membuat email (compose)
  • Meneruskan email (forward)
  • Buku alamat
  • Membagi email ke dalam folder
  • Memberi tanda ‘dibaca (read)’ atau ‘belum dibaca (unread)’

1. SquirrelMail
SquirrelMail adalah aplikasi buatan dua bersaudara Luke dan Nathan Ehresman di tahun 1999. Nama aplikasi webmail ini terinpirasi dari membludaknya jumlah tupai di kampung halaman mereka, Georgia, Atlanta.

Tupai sendiri dikenal sebagai hewan yang gesit dan cepat, hal inilah yang menjadi visi SquirrelMail untuk menjadi aplikasi webmail yang cepat. Untuk itulah, SquirrelMail menghilangkan ketergantungan terhadap ekstensi PHP dan JavaScript sehingga aplikasi ini dapat diakses lebih cepat dan kompatibel dengan browser manapun.



Dibandingkan dengan aplikasi webmail lain yang disebutkan di daftar ini, SquirrelMail memiliki jumlah fitur yang lebih sedikit. Meski begitu aplikasi ini memiliki fungsi dasar yang ada pada email client lainnya termasuk MIME support, buku alamat, hingga folder / kategori.

2. RoundCube
Dibandingkan SquirrelMail, RoundCube berusia lebih muda dengan versi stabil pertamanya dirilis pada tahun 2008 setelah dua tahun berada dalam tahap pengembangan.

RoundCube merupakan aplikasi webmail yang ditulis dalam PHP dan terkenal dengan implementasi teknologi AJAX-nya. Aplikasi ini sendiri bersifat open source dan sangat aktif dikembangkan hingga saat ini. Dengan tampilan yang modern dan fitur yang cukup lengkap, RoundCube banyak digunakan di universitas terkenal di seluruh dunia bahkan menjadi aplikasi default di mail server Mac OS X 10.7.

3. Horde
Horde adalah evolusi dari aplikasi IMP (Internet Messaging Project) yang dipublikasikan Chuck Hagenbunch di tahun 1998. Lebih dari sekedar aplikasi webmail biasa, Horde adalah framework berbasis PHP yang memungkinkannya memiliki banyak fitur tambahan dibanding aplikasi webmail lainnya.

Selain fitur-fitur dasar email, Horde juga dilengkapi dengan fitur Kalender, task list, reminder, news feed, sampai buku catatan yang sulit dijumpai di aplikasi webmail lainnya.



Lalu, apa perbedaan SquirrelMail, RoundCube dan Horde?

Jawabannya adalah tergantung kebutuhan client. 3 webmail ini seperti sudah saya jelaskan diatas menawarkan fitur email dasar seperti: Compose Email, Forwarding, Junk Mail, Address Book, Trash, Folders, Marked as Read/Unread dan masih banyak lagi.

Horde : Memiliki fitur yang lengkap. Tetapi jika diakses agak sedikit lambat. Jadi ini tergantung dari akses internet yang anda miliki juga.

SquirrelMail : Dari segi interface, cukup sederhana. Fiturnya pun tidak selengkap di Horde. Tentu saja aksesnya pun menjadi lebih cepat

Rouncube : Dari fitur tentu saja tidak selengkap Horde tapi lebih baik dari SquirrelMail. Tampilannya lebih menarik dibandingkan SquirrelMail. Akses untuk membukanya tidak selambat anda membuka Horde.

Dari ketiga fasilitas untuk membuka email, kini giliran anda yang menentukan. Masing-masing pun punya kelebihan dan kekurangan. Atau anda bisa menggunakan Software Email client seperti Mozilla Thunderbird atau software bawaan windows Microsoft Outlook.

Source: https://documentation.cpanel.net/display/CKB/Which+Webmail+Application+Should+I+Choose

Recommended Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat