In Desain Grafis, Website

User Interface (UI)

UI atau User Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, baik itu aplikasi website, mobile, ataupun software. Mekanisme itu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna terhadap program yang tengah dikembangkan. Cakupan UI itu meliputi tampilan fisik, penggunaan warna, tampilan animasi, hingga pola komunikasi suatu program dengan penggunanya.

Biasanya, seorang desainer UI akan membuat desain yang kiranya memudahkan pengguna programnya. Adapun, desain itu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dasar pengguna terhadap program aplikasi web ataupun mobile tersebut. Output dari hasil desainer UI adalah sebuah program dengan segala fitur yang kiranya sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam menggunakan program tersebut.



User Experience UX

Dulu orang mengenal istilah “DesainGrafis”. Seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan interaksi digital sangat berkembang pesat, muncul fokus baru tentang “TheFeel” pada sebuah desain, yang sekarang dikenal dengan istilah User Experience yang biasa disebut UX (PengalamanPengguna).

Jika UX adalah tentang pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan sebuah produk, maka UX Design adalah proses dimana seorang perancang mencoba menentukan apa pengalaman untuk pengguna tertentu, meskipun kita tidak dapat benar-benar merancang pengalaman pengguna yang pasti dan tepat, namun kita dapat merancang kondisi dari pengalaman yang pengguna inginkan.

Biasanya sebuah karya desainer UX tidak berhenti dengan rilisnya sebuah produk, UX Designer harus terus belajar dan terus menganalisa untuk pembaharuan dan peningkatan sebuah produk.



Jadi desainer UI akan mendesain program aplikasi web atau mobile-nya sesuai dengan kebutuhan user. Sehingga, ketika menggunakan program tersebut pengguna lebih mudah dan tidak kesulitan.

Sedangkan, desainer UX membuat program berdasarkan pengalaman dari penggunanya. Apa saja yang dirasakan dan kesulitan apa saja yang dihadapi ketika menggunakan program tersebut.

Sebenarnya, keduanya memiliki tujuan yang sama dalam mendesain program aplikasi web ataupun mobile, yakni memudahkan penggunannya. Oleh sebab itu, seringkali dalam proses perancangan sebuah program, desainer UI dan UX selalu berada dalam satu tim.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat