In Desain Grafis

 

source : Primoprint

 

Ada banyak jenis laminasi namun kali ini kita akan membahas  tentang hasil dari laminasi doff dan laminasi glossy ,tentunya dari kedua laminasi ini akan menghasilkan efek atau kesan masing masing pada media kertas yang sudah di cetak

Perbedaan Laminasi Doff dan Glosi

dengan mengetahui jenis laminasi maka kita akan lebih mengetahui jenis laminasi apa yang cocok untuk dipergunakan pada cetak kartu nama, undangan, post card atau yang lainnya , berikut adalah perbedaannya :

Laminasi Glossy

Laminasi glossy menghasilkan cetakan yang shiny atau berkilau, karena dapat memantulkan cahaya seperti cermin. Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin. Biasanya kertas ini bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama, undangan, brosur, dll. Kesan glossy yang ditimbulkan membuat hasil cetakan biasanya terlihat biasa saja dan kurang elegan.

Laminasi glossy ini sangat banyak ditemui pada percetakan  yang menggunakan printer foto inject. Pada waktu melakukan percetakan foto atau apapun sebaiknya  tidak boleh langsung disentuh ini bertujuan  untuk menjaga agar hasil cetakan tidak rusak , karena laminasi glossy sangat rentan terhadap jari tangan. Anda dapat memegangnya setelah membiarkan beberapa waktu  atau dengan menggunakan sarung tangan.

Laminasi Doff

Laminasi Doff merupakan kebalikan dari laminasi glossy, laminasi ini tidak memantulkan cahaya dan tidak memiliki kilauan. Pemakaian laminasi doff bertujuan untuk melakukan perlindungan pada hasil printer inject sehingga hasil gambar yang didapatkan lebih tahan lama. Laminasi doff bisa dipegang sesering mungkin karena tidak ada pengaruh adanya sidik jari di atas laminasi.

Laminasi ini juga bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama dan undangan pernikahan. Laminasi doff ini akan membuat hasil cetakkan anda lebih terlihat mahal dan elegan . Bila anda menggunakan laminasi doff untuk mencetak kartu nama maka, kartu tersebut nampak terlihat lebih eklusif dan bagus. Itulah keistimewaan laminasi doff

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat