In Domain

Tidak banyak orang yang tahu apa perbedaan dan harus menggunakan ekstensi domain yang mana agar sesuai dengan pembuatan website dan tujuannya. Disini saya akan coba untuk sedikit menjelaskan perbedaan antara domain .com dengan domain .ID

Pengelolaan
Domain .com atau yang biasa kita kenal dengan domain internasional dikelola oleh sebuah lembaga penyedia domain internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Sedangkan domain .ID adalah domain yang dikeluarkan oleh pengelola domain Indonesia, atau yang dikenal dengan PANDI. Domain ini memang khusus diciptakan dan ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki website.

Hak pemilikan
Untuk hak kepemilikan, domain .Com lebih terbilang bebas dalam menggunakannya. Karena domain ini bersifat internasional, jadi seluruh warga dunia boleh menggunakan domain .Com ini.

Sedangkan untuk domain .ID hanya boleh dimiliki oleh warga negara Indonesia saja. Bukan hanya itu, domain .ID memiliki tingkat profesionalitas tinggi dalam penggunaannya, sehingga hanya beberapa pihak saja yang bisa dan boleh menggunakan ekstensi domain ini. Misalnya, domain .co.id hanya boleh digunakan untuk perusahaan atau company saja, domain .net.id hanya boleh digunakan oleh perusahaan ISP, domain .go.id hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintahan.

Sedangkan untuk domain .ID saja bisa digunakan untuk beberapa lembaga seperti perusahaan, pribadi, sekolah, organisasi dan masih banyak lagi, tapi dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak penyedia domain.

Cara pemilikan
Ada begitu banyak provider hosting yang menyediakan atau menjadi perantara penjualan domain untuk website. Itu sebabnya Anda bisa membeli domain dimana saja dan kapan saja Anda inginkan.

Contohnya ketika Anda ingin membeli domain dari salah satu provider di Amerika, maka itu artinya Anda bisa melakukan transaksi melalui internet dan juga melakukan pembayaran melalui kartu kredit.

Namun saat ini seluruh warga Indonesia telah dimudahkan dengan banyaknya provider hosting yang juga menyediakan domain di perusahaan mereka.

Mulai dari domain TLD hingga domain .ID sudah bisa didapatkan dengan mudah dan tentu saja dengan harga murah.

Syarat pembelian
Untuk syarat pembelian domain TLD, seperti .com, .net, .org, .info dan lainnya tidak menuntut pengguna untuk melengkapi syarat apapun. Artinya domain bisa langsung dipesan dan dimiliki.

Namun berbeda dengan domain .ID baik itu .co.id, .net.id dan masih banyak lagi. Pengguna harus melengkapi data dan memenuhi segala persayaratan yang dibutuhkan dan dijelaskan oleh provider hosting.

Misalnya untuk domain .co.id, pengguna harus melampirkan nomor SIUP atau NPWP perusahaan. Dan persyaratan paling minimal untuk membeli domain .ID adalah dengan menyertakan fotokopi KTP.

Kelebihan dan Kekurangan
Setiap nama domain tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Seperti domain internasional .com, ia adalah domain yang paling populer di dunia. Ini membuat domain .com banyak diminati dan paling berpotensi menarik pengunjung untuk sebuah website. Memang benar pengunjung website tidak dinilai hanya dari nama domain, tapi nama domain bisa menjadi tolak ukur seberapa populer nama yang menjadi identitasnya.

Sebelum membeli tentu mereka akan banyak mempertimbangkan mulai dari kebutuhan dan kemampuan dalam memenuhi nama domain ini sendiri. Para pemilik website tentu akan terlebih dahulu menimbang – nimbang apakah ekstensi domain yang dipilih telah cocok dan mudah untuk diingat oleh pengunjung mereka. Jika tidak maka tidak akan mudah bagi pemilik website memperkenalkan website mereka.

Sedangkan untuk domain .ID, kekurangan yang dimiliki adalah cenderung pada proses kepemilikan yang birokratis. Selain itu domain .ID masih belum populer sehingga tidak mudah bagi masyarakat untuk mengingatnya. Masyarakat lebih banyak mengenal dan mengingat domain dengan ekstensi .com.

Namun keunggulan dari domain .ID adalah tidak mudah ditiru. Karena syarat yang harus dipenuhi tidak mudah, maka domain ini akan membuat pemilik website merasa lebih profesional dan bergengsi telah memiliki website dengan nama domain .ID. Dan domain .ID ini memberikan kemudahan dari segi pengelolaan. Karena kita membelinya di Indonesia maka akan lebih mudah untuk mengurusnya apabila terjadi masalah.

Dan sekarang tinggal Anda yang menentukan. Mana ekstensi domain yang Anda anggap bisa memenuhi kebutuhan Anda akan website. Kami dari Nawadwipa bisa membantu anda dalam membeli dan mendaftarkan domain keinginan anda, hanya menghubungi kami di halaman kontak atau bisa whatsapp kami di +6289 9111 1881 kami siap membantu anda.

Lihat Juga:
Apa itu Domain? Pengertian mudah untuk pemula
Syarat Domain DOT ID

Sumber:
https://beon.co.id/news/tahukah-anda-apa-yang-membedakan-domain-com-dengan-id
https://kumparan.com/agus-supandi/perbedaan-com-dan-co-id

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat