In Internet Marketing, Website

Walaupun Anda bukan fotografer atau seniman, Anda perlu berhati-hati dalam mempertimbangkan foto/gambar yang Anda gunakan untuk meraih kesuksesan website Anda. Dengan begitu banyak pilihan foto/gambar di internet saat ini, Anda mungkin bertanya-tanya jenis gambar seperti apa yang dapat menghasilkan dampak baik untuk website Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih foto/gambar yang membuat desain website Anda lebih berkesan di mata pengunjung website Anda.

Foto yang Berkualitas

Large Foto, Pixelperfect, gambar beresolusi tinggi selalu menjadi pilihan terbaik. Karena merupakan cara termudah untuk membuat website Anda benar-benar terlihat menonjol, terlihat lebih profesional dengan gambar yang tajam dan tidak blur serta dapat meningkatkan perhatian penggunjung terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.



Namun perlu diperhatikan besar dari ukuran file foto agar tidak menjadikan lambat ketika dimuat dalam website Anda. Sebagai aturan praktis, gunakan resolusi 72 dpi (dot per inch) tetapi Anda dapat melakukan percobaan dengan 96 dpi. Sedangkan untuk ukuran yang dianjurkan untuk latar belakang (background website) adalah 1250 × 800 pixel atau lebih tinggi, tentu dengan proporsi yang sama. Untuk ukuran file gambar usahakan antara 500kb-600kb.

Sesuai dengan Brand Anda

Gambar yang Anda gunakan harus relevan dengan brand (identitas) merek Anda. Misalkan Anda menjual sebuah produk furnitur berkualitas tinggi. Maka foto-foto yang digunakan pada website harus sesuai dengan produk yang Anda jual. Foto juga harus bisa memberikan kesan kepada pengunjung website bahwa produk yang Anda tampilkan di website memang benar-benar berkualitas tinggi.

Actionable

Maksudnya, gambar atau foto yang digunakan harus bisa membujuk/mengarahkan pengunjung website melakukan tindakan pada Call to Action yang terdapat dalam website Anda.

Menggunakan Foto Real People

Menggunakan foto orang nyata (real people) memiliki potensi untuk meningkatkan rasio konversi website Anda. Akan tetapi, ada satu aturan dasar yang perlu Anda perhatikan.

Unik

Bagaimana jika layanan/produk Anda hanya tersedia untuk pasar yang terbatas, namun masih ingin terlihat menonjol di antara para pesaing Anda? Dalam kasus seperti ini, Anda harus menggunakan gambar yang dapat mendukung dan membedakan merek Anda dari para pesaing. Pikirkan sesuatu yang benar-benar berbeda dari pesaing Anda.

Apakah menggunakan stock photo ide yang buruk?

Sejujurnya, saya tidak begitu yakin. Akan tetapi, sebagai seorang desainer saya melihat potensi yang luar biasa ketika fotografi digunakan untuk menggambarkan cerita serta mewakili ribuan kata. Stock photo yang diciptakan oleh fotografer amatir maupun profesional akan membuat presentasi dan iklan pada website jauh lebih nyaman dipandang. Coba pikir kembali ketika semua orang menggunakan layanan stock photo yang sama, ditambah lisensi murah non-eksklusif, tentu akan membuat foto website Anda kurang unik jika dibandingkan dengan kompetitor Anda.

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat