In Security

FTP  (File Transfer Protocol) adalah protokol internet yang berjalan dalam satu lapisan aplikasi yang berfungsi untuk tukar menukar data antara client dan server dalam 1 jaringan. Sebelum melakukan pengiriman data akan dibuatkan sesi komunikasi terlebih dahulu oleh FTP dengan menggunakan protokol TCP (Transmission Transver Protocol).

FTP server berperan sebagai komputer yang menerima request tukar – menukar data dari client. FTP client berperan sebagai komputer yang me-request kepada FTP server untuk tukar – menukar data. Secara default FTP menggunakan kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) untuk transfer data, jadi sebenarnya FTP tidak aman untuk transfer data hal ini dikarenakan FTP melakukan transfer data tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu melainkan melalui clear text.

Sniffing data username dan password bisa saja dilakukan oleh seseorang yang menggunakan protocol analyzer hal ini akibat transfer data yang tidak terenkripsi. Solusi dari terjadinya kejadian ini adalah menggunakan SFTP (Secure File Transfer Protocol) yaitu FTP yang berbasis SSH (Secure Shell) sehingga data yang di transfer telah terenkripsi terlebih dahulu.

FTP juga merupakan aplikasi yang powerful atau aplikasi yang sangat berguna itu karena FTP menyediakan akses kepada user atau pengunjung untuk mengakses data yang tersimpan di server, dan data ini dapat di akses secara bersamaan oleh komputer dalam jumlah yang besar.

Biasanya port yang digunakan dalam FTP ada dua yaitu port 20 dan 21. FTP server listen pada port 21 yaitu untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 20 untuk data port dan port 21 untuk command port.terdapat 2 mode koneksi pada FTP server yaitu pasif mode dan aktif mode.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat