In Security, Website

TLS adalah kependekan dari Transport Layer Security. TLS dan pendahulunya SSL (Secure Sockets Layer) adalah protocol untuk kriptografi untuk menyediakan komunikasi internet yang aman melalui internet. TLS dan SSL menggunakan sertifikat X.509 dalam menyelenggarakan enkripsinya. Enkripsi yang digunakan menggunakan enkripsi asimetris, suatu enkripsi yang menggunakan private key dan public key.

Karena menggunakan X.509, TLS menggunakan certificate authority untuk memastikan enkripsi yang menggunakan public key infrastructure dapat berlangsung dengan aman.


Dalam Internet Protocol, TLS dan SSL melakukan enkripsi pada Application layer. Hasil enkripsi kemudian diberikan ke Transport layer untuk dilanjutkan proses pengiriman datanya. http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Protocol_Suite

TLS dan SSL banyak digunakan dalam web browsing, pengiriman email, penerimaan email dan juga VoIP (voice-over-ip) . Dalam web browsing kita mengenal dengan HTTPS. Dalam pengiriman dan penerimaan email, ada port-port yang digunakan untuk melakukan koneksi TLS/SSL.

Baca Juga:

Mengenal Protokol Secure Sockets Layer (SSL)
Perbedaan http dan https?
Mengapa SSL itu penting?

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat