Pengertian Kemasan Primer, Kemasan Sekunder, Kemasan Tersier

Pengertian Kemasan Primer, Kemasan Sekunder, Kemasan Tersier

Apakah kalian tahu…. Kemasan dibagi menjadi 3 kategori yaitu, kemasan primer, sekunder dan tersier, dari ketiga kategori kemasan tersebut memiliki fungsinya masing-masing, sebelum kita membahasnya ada baiknya jika jika mengetahui terlebih dahulu apa pengetian dari kata kemasan… :

PENGERTIAN KEMASAN

Kemasan merupakan suatu desain kreatif yang mengaitkan beberapa unsur yaitu : bentuk, struktur, material atau bahan, warna, citra, tipografi beserta elemen desain lainnya yang memuat informasi dari suatu produk agar produk dapat dipasarkan. Fungsi dari Kemasan adalah membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar (Klimchuk dan Krasovec, 2006:33).

Setelah mengetahui pengertian kemasan saatnya kita lanjutkan ke penjelasan 3(tiga) kategori kemasan .

KEMASAN PRIMER

Kemasan primer adalah kemasan yang kontak langsung dengan suatu produk kemasan, primer ini relatif berukuran kecil atau sesuai porsi eceran. Contohnya kaleng susu kental manis, plastic cemilan kecil, gelas plastik, masih banyak lagi

KEMASAN SEKUNDER

Berdasarkan namanya, kemasan sekunder  memiliki pengertian sebagai kemasan kedua, kemasan yang berukuran lebih besar dari kemasan primer yang memuat jumlah grosiran produk, kemasan sekunder tidak kontak langsung dengan produk, kemasan ini juga biasa disebut dengan istilah lain yaitu support packaging.

KEMASAN TERSIER

Sedangkan kemasan Tersier adalah kemasan yang digunakan untuk mengemas sekaligus melindungi kemasan sekunder dalam pengiriman produk yang berjarak jauh. Contoh kemasan tersier adalah yaitu kayu palet, kardus, box Styrofoam, dll.

Sekian penjelasan mengenai kategori kemasan beserta fungsinya, semoga dapat menambah pengetahuan kawan-kawan tentang kemasan, terimakasih :D