In Desain Grafis

 

Ilustrasi merupakan visualisasi dari sebuah tulisan ,cerita ataupun suatu ide yang dilakukan dengan teknik drawing, fotografi, lukis, serta teknik seni rupa lainnya. Ilustrasi dapat dibuat menggunakan beberapa metode yaitu :

Metode Manual Metode manual ini adalah metode pembuatan ilustrasi yang masih menggunakan alat-alat manual seperti pensil, buku gambar, drawing pen , krayon, kuas , cat dsb. Yang diawali dari titik yang membentuk garis hingga akhirnya jadilah suatu ilustrasi

Metode Digital  adalah ilustrasi yang dibuat menggunakan komputer dengan berbagai aplikasi pengolah gambar dengan bentuk vector maupun bitmap, pada metode digital tidak lagi membutuhkan alat gambar manual karena dalam metode digital kita sudah mampu membuat ilustrasi dimulai dari tahap sketsa hingga selesai dengan tool yang sudah disediakan oleh software pengolah gambar.

Metode digital dan metode manual juga dapat dikombinasikan untuk pembuatan sebuah ilustrasi contohnya membuat sketsa gambar dengan pensil lalu kemudian di scan dan di finishing menggunakan komputer

Fungsi Ilustrasi

Terdapat beberapa fungsi ilustrasi secara umum menurut Arifin dan Kusrianto. Adapun fungsi- fungsi dari ilustrasi adalah sebagai berikut :

Deskriptif

Fungsi deskriptif dari ilustrasi adalah menggantikan uraian mengenai sesuatu secara verbal dan naratif dengan menggunakan kalimat panjang.

Ilustrasi dapat dimanfaatkan untuk melukiskan sehingga dapat lebih cepat dan lebih mudah dipahami.

Ekspresif

Fungsi ilustrasi dalam memperlihatkan dan menyatakan sesuatu gagasan, perasaaan, maksud, situasi ataupun konsep yang abstrak menjadi yang nyata sehingga mudah dipahami.

Analitis / Struktura

Ilustrasi dapat menunjukkan rincian bagian demi bagian dari suatu bnda ataupun ssitem atau proses secara detail, agar lebih mudah dipahami.

Kualitatif

Fungsi ini sering digunakan untuk membuat daftar, tabel, grafik, kartun, foto, gambar, sketsa, dan simbol.

 

Sumber gambar : Crafter

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat