In Wordpress

Apa Itu Featured Image WordPress?

Salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh para user WordPress pemula adalah ‘Apa itu featured image WordPress?’. Featured image atau gambar fitur lebih dari sekadar gambar WordPress yang diupload dan ditampilkan di konten. Maka dari itu, di artikel ini, kami akan membahas lebih jauh tentang pengertian gambar fitur WordPress, mengapa gambar fiturnya tidak sebagus yang terlihat di demo template atau tema, dan cara mengubah ukuran gambar fitur.

Featured image WordPress adalah gambar yang mendeskripsikan postingan, halaman, atau custom post type blog. Keberadaan gambar ini sangatlah penting karena bisa menarik lebih banyak orang untuk mengunjungi situs Anda dan membaca setiap konten yang ada di dalamnya. Selain itu, gambar fitur juga merepresentasikan gagasan atau gambaran umum suatu konten.

Tak hanya mewakili konten, gambar fitur juga mendukung keseluruhan tema yang Anda pilih dan terapkan.

Umumnya featured image ditampilkan sebagai thumbnail postingan. Jika postingan diklik, maka Anda akan lihat posisi featured image yang terletak di bagian atas post atau laman blog. Sebagian besar tema menempatkan featured image setelah judul halaman atau postingan.

Sampai di sini, ada satu fakta tak terbantahkan bahwa featured image berkaitan erat dengan tema. Setiap tema memiliki caranya sendiri dalam memunculkan featured image, entah itu di lokasi atau ukurannya.

Cara Membuat Featured Image di WordPress

Berikut langkah-langkah untuk membuat dan menambahkan featured image di WordPress:

  1. Masuk ke dashboard admin WordPress.
  2. Klik Post yang ada di tab sebelah kiri, kemudian pilih Add New Post.
  3. Tab Featured Image ada di ujung kanan bawah. (Jika sudah menemukan tab ini, Anda bisa langsung ke langkah 8. Langkah 6 dan 7 ditujukan bagi user yang belum atau tidak menemukan tab featured image).
  4. Jika tab featured image tidak ditemukan di WordPress post editor, klik Screen Options yang ada di ujung kanan atas layar Anda.
  5. Beri tanda centang di kolom Featured Image.
  6. Setelah tab featured image terbuka, klik Set featured image.
  7. Muncul window atau jendela yang menampilkan Media Library.
  8. Pilih gambar yang ada di media library WordPress.
  9. Klik Upload Files untuk menambahkan gambar dari komputer.
  10. Select Files (Pilih File) yang tersimpan di folder komputer.

Selesai! Kini Anda sudah berhasil menambahkan gambar WordPress. Apabila di kemudian hari Anda ingin mengganti gambar yang lama dengan gambar baru yang punya resolusi lebih baik, maka lakukanlah langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka tab Featured Image.
  2. Klik opsi Remove featured image yang berada tepat di bawah gambar fitur.
  3. Ikuti 10 langkah di atas untuk menambahkan featured image WordPress terbaru.
Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat