In Email

Filter email dilakukan agar anda dapat menyaring email yang masuk berdasarkan kategori atau rules tertentu. Misalnya, anda ingin menyaring email berdasarkan kata tertentu, berdasarkan subject, berdasarkan penerima email, berdasarkan balasan email dan sebagainya. Hal tersebut tentu saja akan mempermudah anda dalam pengelolaan email.

Menu Filter Email di cPanel
Terdapat 2 menu filter email yang dapat anda gunakan. Yaitu Global Email Filters dan Email Filters. Adapun perbedaannya yaitu,
Global Email Filters
Filter email dilakukan ke semua akun email yang menggunakan domain sendiri. Jadi ketika anda memilih menu ini, maka seluruh akun email akan terfilter.
Email Filters
Filter email dilakukan ke akun email tertentu. Jadi ketika anda memilih menu ini maka akun email yang dipilihlah yang akan terfilter.

Pada postingan kali ini, saya aku menerangkan sedikit Fitur Email Filter pada cPanel, adalah sebuah fitur yang mengizinkan Anda membuat set kriteria atau perintah pada email yang masuk ke inbox Anda. Berikut adalah caranya.



1. Login ke cPanel dan pilih menu Email Filters. Apabila tidak memiliki akses ke cPanel, untuk membuat email filter ini dapat juga dilakukan setelah login ke webmail masing masing email.

2. Klik manage filter pada alamat email yang ingin dikonfigurasi

3. Buat email filter baru dengan klik Create a new filter

4. Akan tampil form isian filter email. Pada form ini kita bisa menentukan aturan filter yang ingin dibuat, sebagai contoh pada panduan kali ini akan dibuat filter dengan judul “nawakarir”. Dengan aturan (rules) setiap email masuk dengan subject yang mengandung kata “nawakarir” maka akan di redirect (diteruskan) ke email tujuan.

Setelah form diisi, kemudian klik create. Untuk memastikan settingnya benar, maka dapat dilakukan uji coba terlebih dahulu mengirimkan email yang mengandung aturan filter yang telah dibuat.

Recommended Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat