Mengenali Istilah dalam desain grafis

Mengenali Istilah dalam desain grafis

Desain grafis merupakan sautu bidang profesi yang memiliki sangat banyak istilah. Namun bagi seseorang yang baru akan terjun dalam bidang desain grafis, terkadang  ada beberapa istilah yang masih terdengar sangat asing ditelinga. Maka dari itu kita akan membahas istilah-istilah yang wajib kamu ketahui dalam jasa desain grafis, yuk langsung saja yang pertama :

triangles-1430105_640

1.Bitmap dan Vector

Bitmap atau sering juga disebut gambar raster  adalah gambar yang terbentuk dari gabungan titik-titik atau pixel sehingga tersusun menjadi sebuah warna atau bentuk tertentu.

2.Grid

Pengertian grid dalam bidang desain grafis adalah beberapa garis vertikal dan horizontal berpotongan yang berguna untuk memudahkan mengatur komposisi layout elemen visual suatu desain.

3.Warna RGB

Warna RGB (Red Green Blue) adalah settingan mode warna yang digunakan hanya untuk tampilan digital pada monitor computer, smartphone dan masih banyak lagi.

4.Warna CMYK

Warna CMYK (Cyan Magenta Yellow Black). Adalah mode warna standar pada desain yang akan dicetak. Jadi jika kamu ingin mencetak sebuah desain poster, pastikan filemu sudah tersetting mode warna CMYK jika tidak, hasil cetak terutama warna akan berbeda dari dari yang sudah kamu buat dilayar monitor.

5.DPI

DPI(Dot Per Inch) ini harus diperhatikan terutama untuk desain bitmap/raster yang akan dicetak.  Intinya, semakin banyak jumlah dor per inci maka kualitasnya juga semakin baik.  Settingan standar DPI untuk kebutuhan cetak printing 300 DPI. Jika tidak memperhatikan hal ini hasil cetak kamu akan buram.

6.PPI

PPI (Pixel Per Inch) merupakan jumlah pixel per inci dalam sebuah gambar.  Memperbesar gambar di Photoshop, akan mengurangi jumlah piksel per inci dalam gambar tersebut, kualitas gambar yang diperbesar akan menurun.