In Desain Grafis

WPAP (Wedha’s Pop Art Potrait)

Merupakan suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang dibuat secara geometri dengan menggunakan kontradiksi warna khusus, serta dimensi dari gambar acuan tidak berubah sehingga hasil akhir dari objek yang ditransformasi menjadi WPAP dapat menyerupai seperti aslinya.

Sebelum WPAP teknik ini dulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak). Secara Teknik WPAP mempunyai ciri lhas tersendiri dalam penggambaran objek yang akan ditransformasi yaitu anda tidak akan menemukan bidang yang memiliki lengkungan.

Penemu WPAP (Wedha’s Pop Art Potrait)

Teknik WPAP ini ditemukan oleh  Wedha Abdul Rasyid  yang lahir di Pekalongan, 10 Maret 1951, beliau adalah  seorang seniman grafis  . Wedha Abdul Rasyid sudah berprofesi sebagai ilustrator sejak 1970-an . Mulai tahun 1977 ketika bergabung dengan majalah Hai, ia banyak membuat  ilustrasi cerita hasil karya Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya di majalah Hai ia juga banyak membuat potret para tokoh-tokoh dunia yang menjadi liputan.

Pada tahun 1990 Wedha Abdul Rasyid yang berumur 40 tahun membuat cara baru dalam menggambar ilustrasi wajah yang diakibatkan menurunnya daya penglihatannya. ia pun mencoba menggunakan gaya kubisme yang terus dikembangkan menjadi WPAP atau ada pula yang menyebutnya dengan aliran wedhaism. Sebelum berkembangnya teknologi seperti sekarang WPAP sudah ia buat dengan cara manual.

 

 

 

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat