In Security, Website

Secure Sockets Layer / SSL adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah sesuatu protocol transfer TCP mengubah menjadi saluran komunikasi yang aman untuk berkomunikasi yang sensitif. Contoh : Paypal, Internet Banking, dan lainnya.

Kemananannya mengunakan kombinasi dari kriptografi kunci publik dan kriptografi kunci simestri bersamaan dengan sebuah inprastuktur sertifikat. Sertifikat adalah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandarisasi. Data tersebut digunakan dalam sebuah proses verifikasi identitas dari sebuah entitas pada internet.



SSL menyediakan otentikasi terhadap pihak-pihak yang berkomunikasi. SSL dapat mengamankan koneksi antar dua titik dan tidak ada pihak yang dapat melakukan hal-hal yang bersifat destruktif atau mengakses informasi yang bersifat sensitif. SSL menyediakan sebuah saluran komunikasi yang aman tanpa perlu adanya pertemuan kedua pihak kedua pihak yang berkomunikasi untuk melakukan proses pertukaran kunci.

Fungsi SSL komunikasi aman sama fungsi seperti TCP pada komunikasi normal yaitu menyediakan infrastuktur komunikasi standart dimana sebuah aplikasi dapat mengunakannya dengan mudah dan hampir tidak dapat terlihat. SSL menyediakan sebuah komponen penting pada sistem yang aman.


Mekanisme otentikasi seperti penggunaan pada Telnet dan otentikasi HTTP menjadi sangat kuat ketika dieksekusi dengan SSL dibandingkan dengan TCP, dimana pada SLL pasword tidak lagi dikirim dalam bentuk plaintaks. SSL mengenkripsi koneksi bukan data kedua pihak yang berkomunikasi dan tidak mengandung mekanisme untuk otentikasi user atau perlindungan password.

Recommended Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat