Mengenal Mysql Database, Fungsi dan Kelebihannya

Mengenal Mysql Database, Fungsi dan Kelebihannya

Mengenal Mysql Database, Fungsi dan Kelebihannya - Sebelum mengulas apa itu MySql Database ada baiknya anda mengetahui mengapa MySql sangat penting peranannya bagi pembuatan website. Selain HTML dan CSS serta PHP, Mysql menjadi dasar sebagai sarana penyimpanan data yang akan and tampilkan pada website yang sedang anda bangun. 

Selain digunakan untuk membuat website, MySQL juga digunakan untuk membuat beragam Sistem Informasi berbasis web base.

Pengertian MySQL

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dikembangkan oleh Oracle yang didasarkan pada bahasa kueri terstruktur (SQL).

Database

Database adalah kumpulan data yang terstruktur. Secara khusus, database relasional adalah toko digital yang mengumpulkan data dan mengaturnya menurut model relasional. Dalam model ini, tabel terdiri dari baris dan kolom, dan hubungan antara elemen data semuanya mengikuti struktur logika yang ketat. RDBMS hanyalah seperangkat alat perangkat lunak yang digunakan untuk benar-benar mengimplementasikan, mengelola, dan query database semacam itu.

Kegunaan MySQL

Namun pada umumnya, penggunaan MySQL adalah untuk tujuan database website. MySQL dapat digunakan untuk menyimpan apapun dari satu catatan informasi hingga seluruh inventaris produk yang tersedia untuk toko online dapat disimpan kedalam database.

Terkait dengan bahasa skrip seperti PHP atau Perl, dimungkinkan untuk membuat website yang akan berinteraksi secara real-time dengan database MySQL untuk menampilkan informasi yang dikategorikan dan dapat dicari dengan cepat kepada pengguna website.

Kelebihan MySQL

Mudah Digunakan

MySQL sangat mudah dipasang, dan berkat sekumpulan alat pihak ketiga yang dapat ditambahkan ke database, mempersiapkan perangkat lunak ini adalah tugas yang relatif sederhana. Selain itu, ini juga merupakan database yang mudah digunakan. Selama Anda memahami bahasanya, Anda tidak akan mengalami terlalu banyak masalah.

Dukungan Tersedia Kapanpun

MySQL memiliki komunitas pengembang dan penggemar yang besar dan berkembang, yang dapat Anda mintai bantuan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh popularitas dari perangkat ini, sehingga tidak kekurangan ahli.

Open Source

Pembelian Sun Microsystems oleh Oracle (dan berdasarkan asosiasi, MySQL) mendapat beberapa pertentangan dari komunitas pengembangan. Ketakutan umum adalah bahwa Oracle akan mengubah alat tersebut menjadi ekosistem kepemilikan yang tertutup. Untungnya, meskipun Oracle telah memperketat cengkeramannya pada MySQL, perangkat ini masih dapat dianggap sebagai opsi database open-source, karena kodenya masih tersedia secara gratis di online.

Harga Terjangkau

Bergantung pada rencana Anda untuk menggunakannya, pemasangan MySQL dapat berkisar dari harga gratis hingga $ 10.000 atau lebih. Bagaimanapun, ini jauh lebih murah daripada kebanyakan opsi database lain di pasaran.

Standar Industri

Meskipun popularitas MySQL agak berkurang dalam beberapa tahun terakhir, MySQL tetap menjadi salah satu sistem database yang paling banyak digunakan di dunia. Perangkat ini juga kompatibel dengan hampir semua sistem operasi, dan kurang lebih merupakan standar industri.

Kekurangan MySQL

Selain kelebihan, MySQL juga tidak luput dari adanya kekurangan. Kekurangan MySQL adalah sebagai berikut:

Masalah Stabilitas

Menurut Digital Ocean, MySQL cenderung kurang dapat diandalkan dibandingkan rekan-rekannya. Masalah stabilitas ini terkait dengan cara menangani fungsi tertentu (seperti referensi, transaksi, dan audit). Meskipun database masih dapat digunakan sehubungan dengan masalah ini, mereka cenderung membuat MySQL menjadi pilihan yang buruk untuk kasus penggunaan tertentu.

Penskalaan Kinerja yang Relatif Buruk

Meskipun MySQL dilengkapi untuk menangani volume data yang hampir tidak terbatas, ia memiliki kecenderungan yang mengganggu untuk terhenti jika terpaksa menangani terlalu banyak operasi pada waktu tertentu. Penskalaan kinerja yang relatif buruk ini berarti bahwa siapa pun dengan tingkat konkurensi tinggi mungkin harus mencari alternatif lainnya.

Tidak di-update

Sejak Oracle mengambil alih kendali pengembangan MySQL, kemajuan tampaknya terhenti, dengan hanya satu rilisan besar dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan tidak menerima perbaikan yang dikembangkan komunitas, dan juga tidak menawarkan peta jalan apa pun kepada pengguna untuk pengembangan MySQL.

Fungsinya Bergantung pada Addons

Meskipun MySQL relatif mudah untuk diatur, ia cenderung memiliki fungsionalitas yang kurang out-of-the-box dibandingkan sistem database lain di pasaran. Fitur tertentu, seperti pencarian teks dan kepatuhan ACID, tidak bergantung pada mesin inti tetapi pada aplikasi dan add-on.

Meskipun benar bahwa ada banyak sekali aplikasi yang dibuat dengan baik untuk MySQL, terkadang akan sulit untuk melacaknya, dan mungkin menyebabkan beberapa pengembang memilih alternatif lain yang menawarkan fungsionalitas yang lebih baik.