In Desain Grafis

Sebelum proses cetak pada media kertas ada baiknya kalau kita mengetahui lebih dahulu ukuran-ukuran kertas yang umum digunakan pada percetakan contohnya adalah kertas seri A karena dengan mengetahui ukuran kertas kita bisa mengetahui ukuran kertas mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut adalah penjelasan mengenai kertas Seri A

Ukuran Kertas adalah  ukuran dari panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan , satuan ukuran kertas yaitu dikonversikan dengan satuan cm (centimeter) , mm (milimeter) dan inch (inci). berdasarkan standar yang ditetapkan ISO (International Organization for Standardization) ukuran kertas Seri A antara lain A0 A1 A2 A3 A4 A5 A6 A7 A8 A9 A10

Tabel Ukuran Kertas Seri A

 

Kertas Seri A dengan urutan dari yang ukurn terbesar adalah A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10,  ukuran ini berdasarkan hasil bagi 2 atau separuh ukuran kertas sebelumnya pada ukuran yang lebih besar.

Kertas seri A yang paling sering digunakan adalah ukuran A4, biasanya digunakan untuk buku gambar, kartu, dokumen, flyer , amplop, dan juga bisanya menjadi ukuran awal pada aplikasi microsoft word.

Toleransi Ukuran Kertas Seri A

ISO menentukan toleransi terhadap ukuran kertas seri A sebagai berikut:

  • ± 1,5 mm (0,06 inci) untuk dimensi hingga 150 mm (5,9 inci)
  • ± 2 mm (0,08 inci) untuk panjang dalam kisaran 150-600 mm (5,9-23,6 inci)
  • ± 3 mm (0,12 inci) untuk setiap dimensi di atas 600 mm (23,6 inci)

Ketetapan Ukuran Kertas Seri A

Ukuran kertas seri A didefinisikan sesuai ISO (216) sebagai berikut:

  • Panjang dibagi dengan lebar adalah 1,4142.
  • Ukuran A0 memiliki luas sebesar 1 meter persegi.
  • Setiap ukuran kertas berikutnya, A(n) didefinisikan sebagai A(n-1) dipotong setengah sejajar dengan sisi yang lebih pendek.
  • Panjang standar dan lebar masing-masing ukuran dibulatkan ke milimeter terdekat.
Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat