In Desain Grafis

Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dari blog sebelumnya yaitu pembahasan tentang jenis-jenis layout, mengenai pengertian layout dapat dilihat disini

1.Copy Heavy Layout

Tata letak yang  mengutamakan bentuk copy writing atau naskah dari layout yang dibuat secara singkatnya dapat disebut juga  komposisi layout yang didominasi oleh penyajian teks.

 

 

2.Mondrian Layout

Layout ini mengacu kepada karya Piet Modrian seorang pelukis asal Belanda, memiliki design yang Asimetris, menggunakan warna dasar merah ,kuning ,biru serta garis hitam sebagai pemisah antar ruangan, unsur gambar di tempatkan dalam bidang segi empat.

 

 

3.Axial Layout

Tata letak yang memiliki tampilan visual yang kuat di tengah halaman dengan tampilan element pendukung di sekeliling gambar utama biasanya berupa gambar atau tulisan yang berhubungan dengan tampilan di tengah halaman sebagai titik pusatnya.

 

 

4.Picture Windows Layout

Tampilan gambar utama yang besar menjadi ciri utama dari layout ini, dan di ikuti dengan headline, keterangan gambar hanya memiliki porsi yang kecil/sedikit.

 

 

5.Type Speciment  Layout

Menggunakan salah satu macam jenis font tertentu. font tersebut diatur sedemikian rupa untuk menampilkan pesan secara visual dan literal, biasanya layout jenis ini di dominasi oleh tulisan besar dan umumnya berupa headline.

 

 

Recent Posts
Showing 2 comments
  • Bengkel Las
    Balas

    Sepertinya tipe Mondrian Layout terkesan seperti jadul, berbeda halnya dengan Axial Layout dan Picture Windows Layout yang cenderung tampil atau memiliki kesan kekinian. Mohon maaf saya masih pemula butuh bimbingannya, terima kasih!

    • Bayu Gilang
      Balas

      terima kasihh atas tanggapannya mas bengkel, betul sekali mas bengkel saat ini axial dan picture windows lebih digemari

Leave a Comment

WhatsApp chat