In Desain Grafis

Layout

Layout adalah penataan elemen desain yang diaplikasikan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk sebuah susunan yang akan membantu informasi sebuah desain agar lebih mudah untuk disampaikan. Hal ini juga sering disebut manajemen bentuk dan bidang. Berikut adalah berbagai nama jenis layout tersebut

1.Circus Layout

Circus layout merupakan layout yang tidak mengacu pada ketentuan baku karena komposisi ilustrasi dan teks susunannya tidak beraturan tetapi tetap terlihat seimbang. Biasanya circus layout ini menampilkan banyak gambar dalam satu halaman.

 

 

2.Silhoutte Layout

Tata letak tulisan yang mengikuti alur bentuk gambar yang di gunakan menjadi ciri khas dalam jenis layout ini.  Juga menggunakan tampilan negatife gambar (silhouette) untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

 

 

3.Frame Layout

Menggunakan bingkai/frame sebagai unsur utama , dimana pesan atau gambar utama diletakan di dalam bingkai, atau bingkai tersebut menjadi tema dalam design yang digunakan. dimana border/bingkai/frame nya membentuk suatu naratif (mempunyai cerita) yang mewakilkan suasana dari design.

 

 

4.Rebus Layout

Menggunakan ilustrasi sebagai pengganti tulisan. seperti contoh gambar try  pada country menggunakan ilustasi pohon (tree) Susunan layout ini menampilkan perpaduan gambar dan teks sehingga membentuk suatu cerita

 

 

5.Big Type Layout

Merupakan jenis layout yang menggunakan huruf yang besar sebagai unsur utama, gambar hanya digunakan sebagai unsur dekoratif/pendukung saja.

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat