In Internet Marketing, Website

Jika Anda memiliki blog atau bagi Anda para pebisnis online apakah Anda punya statistic website? Jika jawabannya adalah ya, entah itu untuk pemakaian pribadi maupun bisnis, maka sudah dipastikan Anda perlu Google Analytics. Google Analytics ini sangat membantu meningkatkan traffic website anda. Namun sayangnya meski banyak pelaku bisnis yang memiliki webiste sebagai toko online mereka ternyata masih banyak yang belum memahami kegunaan dari Google Analytic.

Apa Itu Google Analytics
Google Analytics adalah sebuah layananratis dari Google untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan menggunakan Google Analytics kita dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang mengarah pada situs web kita.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang mungkin belum kamu sadari sangat bermanfaat dalam penggunaan Google Analytics.

Views
Biasanya kamu akan membuat akun Google Analytics untuk perusahaan dan dengan digunakan sebagai properti untuk setiap website. Namun, yang mungkin belum kamu sadari sangat bermanfaat bahwa fitur ini bisa memiliki multiple views untuk properti/website yang sama.

Salah satu view yang umum digunakan adalah master view di mana data mentah akan memasukkan semuanya termasuk spam traffic referrals dan internal website traffic.

Kamu mungkin punya pandangan yang berbeda untuk melihat data spesifik seperti dari /blog section on the website, a /sales website sectiondan view untuk mencoba sebelum mengaplikasikan filter, goals, atau hal lain pada view lainnya.

Views sering menggunakan filter sebagai strategi untuk mempersempit data dalam Google Analytics. Ada beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya melakukan ini. Ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa data yang kamu cari adalah data relevan yang bisa digunakan untuk membuang traffic yang datang dari jaringan staf internal dan spam.

Events
Cara orang menggunakan website telah banyak berubah selama beberapa tahun terakhir dan banyak terjadi pada halaman website. Hal ini membuat metriks Pageview menjadi tak lagi penting seperti dulu. Events digunakan sebagai cara untuk melacak in-page actionseperti klik pada link eksternal, video, dan penggunaan form atau interaksi in-page lainnya.

Di luar itu, Google Analytics tidak melacak hal-hal seperti itu tapi salah satu cara untuk mengatur Events adalah dengan menggunaka Google Tag Manager. Tools ini didesain untuk memberikan marketers sebuah interface daripada harus memanggil tim development mereka setiap kali mereka butuh sesuatu yang baru untuk dilacak/dipantau.

Campaigns
Salah satu cara untuk melihat informasi dari beberapa platformseperti media sosial dan email marketing adalah dengan mengatur URL yang digunakan di beberapa tempat dengan menggunakan toolsURL builder dari Google. Tools ini akan membuat long URL dengan data seperti ‘Campaign’, ‘Source’ dan lainnya sehingga kamu bisa melacak platform mana yang lebih spesifik memberikan traffic yang terbaik.

Misalnya, kamu ingin mengetahui performa dari platform email marketing. Menggunakan URL builder akan memberikan link yang bisa dilihat melalui akun Google Analytics.

Custom dashboards
Biasanya, orang-orang dengan peran dan tanggung jawab yang cukup tinggi seperti CEO, manajer pemasaran dan tim development akan membutuhkan data Google Analytics. Kebutuhan data mereka juga pasti berbeda-beda.

Dashboard adalah tampilan pertama yang muncul ketika seseorang login dan kamu bisa membuat dashboard yang kustom untuk dapat segera mengakses berbagai jenis data yang bebeda. CEO mungkin menginginkan traffic tingkat tinggi dan data konversi selama 30-90 hari ke belakang, manajer pemasaran bisa membuat dashboardnya langsung memunculkan sumber spesifik dari traffic dan konversi sebagai tambahan untuk Pageview dan durasi yang dihabiskan dalam website. Untuk tim development mungkin akan butuh akses langsung untuk hasil halaman 404 yang dikunjungi dan data teknis lainnya.

Intelligence Events
Fitur satu ini mampu memberikan tanda pada key events dalam data sehingga kamu bisa meresponnya dengan segera. Aplikasi yang jelas ada pada fitur ini adalah dengan memonitor peningkatkan trafficdalam jangka waktu tertentu. Contohnya, websitemu mungkin mengalami peningkatan sebanyak 10 persen dan kamu bisa segera menciptakan konten yang memaksimalkan hal itu.

Agar Anda lebih mudah memahami manfaatnya, kami akan memberikan beberapa pertanyaan terkait website Anda berikut ini: yang nantinya dapat Anda jawab dengan menggunakan online tools satu ini!

Berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda?

  • Di mana lokasi web visitor Anda?
  • Apakah Anda memerlukan website yang mobile-friendly?
  • Website apa yang mengarahkan traffic ke website Anda?
  • Taktik marketing atau pemasaran seperti apa yang mengarahkan traffic ke website saya?
  • Page mana di website Anda yang paling populer?
  • Berapa banyak pengunjung yang sudah Anda konversikan menjadi lead atau customer?
  • Dari mana pengunjung anda yang terkonversi berasal?
  • Bagaimana cara meningkatkan kecepatan website Anda?
  • Konten blog seperti apa yang paling disukai oleh web visitor Anda?
  • Nah, itulah beberapa pertanyaan yang dapat diajukan untuk membantu memahami kenapa kita harus menggunakan
  • Google Analaytic untuk website atau blog. Dan semua pertanyaan pertanyaan tersebut akan terjawab oleh Google Analytics.
  • Namun beberapa pertanyaan di atas juga merupakan pertanyaan yang paling penting bagi sebagian besar pengembang website.

Dashboard Google Analytics memang terlihat rumit dan sedikit membingungkan. Akan tetapi, penggunaan analytics bagi anda cukup memahami perilaku pengunjung situs saja. Jadi, akan diketahui berapa banyak pengunjung yang masuk ke website, konten terpopular, asal traffic, pengaruh social media, dan juga single report post untuk keperluan job review.

Sumber:
https://bloggerperempuan.co.id/mengenal-google-analytics/
https://news.indotrading.com/mengenal-google-analytics-untuk-strategi-digital-marketing-anda/

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat