In Desain Grafis

Ketika memulai sebuah perusahaan, atau sekedar meluncurkan produk baru, tentu Anda juga perlu memikirkan rangkaian promosi untuk memperkenalkan produk & layanan Anda ke masyarakat luas. Akan tetapi, tidak semua orang sadar akan hal ini. Malah, seringkali promosi menjadi hal paling terakhir yang prioritaskan. Termasuk soal desain logo.

Desain Logo UKM Sembarangan? Jangan Coba-coba.

Banyak kita jumpai ukm memakai identitas usaha apa adanya, terlebih pada logo usaha kecil menengah. Sejujurnya, hal ini sangat disayangkan, sebab dibandingkan dengan sebuah bisnis yang besar, usaha kecil dan menengah justru lebih memerlukan sebuah strategi promosi yang efektif. Logo umkm dan ukm harus sesuai dengan bisnisnya dan tidak boleh asal-asalan.



Oleh karena itu, hindari hal-hal berikut agar usaha Anda tidak terkesan kurang profesional.

1. Menggunakan Logo UKM yang Asal-asalan

Sumber gambar: www.sessions.edu

Logo tersebut merupakan logo Olimpiade London 2012 yang banyak mendapatkan sindiran perihal desain yang kontras dan membingungkan. Desain logo memakai warna yang mencolok dan elemen bidang yang bersudut dan lancip, dinilai logo tersebut sama sekali tidak membawakan personal negaranya dan tidak menggambarkan semangat olimpiade dibandingkan logo-logo olimpiade sebelumnya.

3. Menggunakan Clipart dari Internet

Sumber gambar: www.thetreedoctor.biz

Tidak jarang bagi pelaku usaha baru/awam, mencari referensi yang akan digunakan sebagai identitas usahanya melalui internet. Hasilnya mereka menemukan gambar yang mereka sukai, lalu secara mentah-mentah menggunakannya sebagai identitas usaha.

4. Tidak Menggunakan Software Desain

Hal ini merupakan sesuatu yang lucu dan aneh. Menambahkan garis-garis, lingkaran, maupun efek tulisan menggunakan aplikasi bukan untuk mendesain, seperti Microsoft Word merupakan favorit kebanyakan bagi mereka yang menilai jasa desain mahal dan menggunakan cara pintas untuk membuat logo sendiri.

5. Menjiplak Logo yang Sudah Ada

Sumber: food.detik.com

Logo-logo terkenal seperti Starbucks Coffee, merupakan salah satu logo usaha yang baik dan efektif, tentu banyak orang terinspirasi dengan tampilan logo tersebut. Logo yang baik tentu dari hasil karya tangan desainer yang profesional, sehingga jangan sekali-kali menjiplak logo yang sudah ada untuk digunakan sebagai identitas usaha baru Anda, karena hak cipta dari logo-logo tersebut akan menuntut Anda, apabila Anda menggunakan logo tersebut tanpa ada ijin sebelumnya.

Dalam membuat sebuah desain logo usaha harus ada beberapa kriteria khusus agar tampil efektif dan profesional. Nah, Berikut beberapa prinsip dasar sebuah logo profesional diciptakan.

Prinsip Dasar Logo Desain yang Efektif

1. Logo Harus Sederhana

Sumber gambar: vocodesign.com

Kesederhanaan merupakan kriteria utama dalam sebuah logo. Logo desain yang menggunakan elemen bentuk serta warna yang sederhana akan mudah diingat, dikenal, dan serbaguna. Ketika Anda membuat sebuah logo, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana logo tersebut akan digunakan di media lain.

2. Logo Harus Mudah Diingat

Sumber gambar: the-graphic-designer.co.uk

Seperti halnya logo-logo terkenal dunia yang selalu konsisten dalam branding dengan desain logo yang minimalis namun kuat dalam mencitrakan perusahaannya. Karena sebuah logo minimalis yang unik, akan mudah menarik perhatian dan diingat konsumennya.

3. Logo Harus Bertahan Lama

Sumber gambar: inkbotdesign.com

Logo Coca Cola dengan ciri khas lettering meliuknya benar-benar berhasil dalam membangun brand untuk produk minuman bersoda ini. Konsisten dari awal tahun 1886 menggunakan lettering “COCA COLA” , hingga sampai saat ini logo usaha tersebut semakin dikenal di berbagai belahan dunia.

Begitu juga bagi Anda yang ingin mendesain sebuah logo harus memikirkan masa depan perusahaan. Jangan sampai perkembangan tren desain yang cepat berubah ini, akan menggoyahkan tampilan logo Anda dan membawa dampak negatif citra perusahaan. Seperti logo Instagram yang belakangan ini dibicarakan, karena dinilai penggemarnya logo saat ini sangat buruk, dengan tampilan yang full color. Padahal penggantian logo bertujuan untuk tampil lebih modern.

4. Logo Harus Serba Guna



Sumber gambar: www.pauljohns.com

Logo efektif harus mampu dan mudah digunakan dalam berbagai media dan aplikasi. Seperti logo yang menggunakan gradasi warna, transparan warna, maupun berbentuk 3 dimensi logo, akan sulit jika diaplikasikan ke media cetak. Untuk itu logo yang baik harus mampu bertransformasi ke dalam bentuk sederhana, yaitu hitam putih.

Karena ada beberapa logo yang terlihat baik di media digital seperti website, terlihat buruk ketika dipasangkan di media cetak misalnya kartu nama, kop surat, dll.

5. Logo Harus Sesuai

Sumber gambar: www.syntaxxx.com

Toys R Us, World Wildlife Federation dan Amazon adalah contoh desain logo yang mampu menerjemahkan produk/jasa dalam bentuk tampilan grafis. Hal ini merupakan bagaimana logo Anda mampu membaca target pasar dari produk Anda. Apakah ditujukan untuk anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Di bidang usaha ke arah feminin ataukah maskulin, bersifat fun maupun serius.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, usaha kecil dan menengah justru jauh lebih memerlukan sebuah logo perusahaan. Mengapa? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Mengapa Desain Logo yang Profesional Penting bagi Bisnis?

Sebagai pelaku bisnis yang profesional, Anda harus menyesuaikan logo dengan gambaran besar perusahaan Anda. Sekalipun Anda pelaku ukm, desain logo ukm Anda harus sesuai dengan apa yang menjadi fokus bisnis Anda. Berikut alasan penting mengapa Anda harus melakukannya.

1. Logo Merepresentasikan Visi dan Misi Perusahaan

Sebuah logo akan menjadi ciri khas dari sebuah perusahaan, sehingga sangat perlu untuk menyampaikan profesionalisme perusahaan Anda ke masyarakat luas, dengan terlihat seolah-olah memiliki pengalaman puluhan tahun yang merujuk ke layanan yang sangat baik atau produk yang hebat. Ketika Anda terlihat profesional, otomatis Anda akan mendapatkan kepercayaan pelanggan.



2. Membangun Kepercayaan dengan Tampilan Profesional

Dalam membangun kepercayaan pelanggan, desain logo usaha yang profesional akan sangat membantu konsumen menilai bagaimana sebuah perusahaan tersebut selalu mengedepankan totalitas.
Desain Logo Anda akan menjadi wajah yang akan dengan mudah dilihat dan dinilai oleh konsumen.
Bila Anda terlihat menawan dan profesional, konsumen tidak akan ragu untuk mengenal produk Anda lebih dalam lagi.

3. Membangun Brand Identity

Logo desain adalah strategi visual yang menjadi sangat penting ketika roda promosi usaha Anda mulai dijalankan, logo akan mampu menjadi identitas secara visual mewakili keseluruhan usaha Anda. Selain logo, warna, desain kemasan, stationery design, dll. Merupakan sebuah kesatuan identitas brand secara visual yang saling berkaitan.

Begitu juga sebuah perusahaan kecil akan sangat membutuhkan kampanye promosi untuk memperkenalkan ke masyarakat luas, sehingga logo yang baik akan sangat menguntungkan jangka panjang dalam proses kampanye produk Anda. Melalui keunikan logo yang diintegrasikan ke seluruh elemen perusahaan seperti kartu nama, alat tulis, kemasan, media iklan, promosi, dan banyak lagi, tentu akan menjadi brand identity tang sangat kuat.

4. Lebih Mudah Diingat

Logo yang baik akan menarik perhatian dan secara mudah tertanam di benak pelanggan. Konsumen akan selalu teringat dengan logo Anda, meskipun mereka dihadapkan deretan perusahaan dengan produk/layanan yang sama.

5. Kesan Pertama untuk Pelanggan Baru

Untuk sebuah perusahaan baru akan membutuhkan pengakuan eksistensi atas keberadaan perusahaan tersebut. Dengan bantuan logo yang profesional akan lebih mudah mendapatkan pengakuan dan kesan yang baik bagi para konsumen yang baru pertama memakai produk/jasa Anda.

Solusi Mendapatkan Desain Logo yang Efektif

Setelah memahami seperti apa logo profesional dan efektif, serta fungsinya dalam mendukung promosi usaha Anda. Saat ini mungkin Anda akan berpikir bagaimana cara mendapatkan logo yang sesuai dengan keinginan maupun budget Anda. Sedangkan Anda tidak memiliki waktu untuk memikirkan sebuah logo yang efektif tersebut.

Ada beberapa pilihan bagi Anda yang menginginkan logo efektif dan profesional, yang sesuai dengan keinginan maupun budget Anda. berikut beberapa solusi.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat