In Website, Wordpress


Pernahkah anda menerima email seperti gambar diatas? jika pernah, email tersebut anda terima dari form yang tidak terlindungi dari para spammer atau anda tentu pernah mengalami ketika sedang asyik berselancar di dunia maya, tiba-tiba dihadapkan pada serangkaian huruf atau angka aneh dan terkadang tak masuk akal yang harus anda tulis ulang. Terkadang barang “ajaib” tersebut muncul manakala anda sedang akan melanjutkan proses download, registrasi atau memberikan komentar, di situlah rangkaian huruf aneh tersebut muncul dan meminta untuk ditulis ulang. Tidak jarang hal tersebut akan sangat mengganggu bahkan membuat kita jengkel setengah mati karena sudah berkali-kali mencoba tetap saja gagal dan tidak benar memasukkan rangkaian kata yang diminta.



Lalu apakah benda ajaib itu? Deretan huruf atau angka tersebut adalah sebuah sistem pengaman yang dikenal dengan nama Captcha. Dan bagi anda yang ingin tahu lebih dalam, berikut ini informasi mengenai pengertian, kegunaan hingga trik jitu melewati sistem unik Captcha yang semoga bisa menjadi tambahan informasi bermanfaat bagi anda.

CAPTCHA atau singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computer and Humans Apart adalah sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Dengan arti kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun gmail, yahoo, facebook ,twitter dan banyak masih banyak lagi. Jadi yang dimaksud ditanyakan oleh CAPTCHA ini bukan mengira kalau agan ini makhluk luar angkasa, tapi melainkan ditakutkan kalau ada bot atau robot yang bermain disitu dengan berisi script yang tentu bertujuan kejahatan. Misalnya ketika agan membuat email baru, mengisi sebuah komentar di forum, dsb. Hal-hal tersebut secara mendasar bertujuan bahwa perintah yang terhubung kepada server adalah tidak dilakukan oleh bot atau robot.

Ya, kelemahan form tanpa captcha adalah sangat mudah terkena serangan spammer. Setidaknya, pemberian captcha saat proses web design akan mencegah hal ini terjadi. Bot atau robot sederhana tidak akan bisa membaca deretan huruf ataupun matematika sederhana dalam form website yang ketika proses web design nya diberikan captcha. Tentunya anda tidak ingin web anda diserang oleh banyak spammer yang bukan pelanggan anda, bukan?

Dibawah ini jenis-jenis captcha yang saat ini sering digunakan pada situs-situs untuk menangkal spammer sebagai berikut :

CAPTCHA (http://www.captcha.net/).
reCAPTCHA (http://recaptcha.net/)
Securimage (http://www.phpcaptcha.org/)
Captcha Code Creator (http://www.captchacreator.com/)
Captcha Genie (http://www.captchagenie.com/)
Webspamprotect (http://webspamprotect.com/)
Open Captcha (http://opencaptcha.com/)
Internet Captcha (http://www.icaptcha.com/)
Hello Captcha (http://hellocaptcha.com/)
EasyCaptchas (http://www.easycaptchas.com/)

Jika kalian memiliki website yang tidak ingi terkena oleh spammer dapat menggunakan captcha dari beberapa sumber diatas. Biasa yang jika anda menggunakan platfrom wordpress akan disarankan oleh pihak wordprss untuk menginstal plugin akismet dan mengaktifkan nya dengan API akan tetapi anda tetap pantau komentar yang masuk pada website anda buatlah manual approve.

sumber:
https://webdesign-jakarta.com/pentingnya-captcha-dalam-form-anda/
https://af-experiences.blogspot.com/2016/05/apa-itu-captcha-apa-kegunaan-captcha_18.html
http://bisnisonline247.blogspot.com/2013/04/apa-itu-captcha-mengapa-harus-ngetik.html

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat