In Wordpress

Page atau halaman di sebuah website atau blog dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan informasi statik seperti About/Profile, Tos & Privacy, Sitemap, dan lain-lain. Umumnya artikel yang ditulis pada page/halaman ini tidak berubah dan tidak di-update dalam periode tertentu sampai ada perubahan yang signifikan.

Default-nya halaman ini dibuat khusus tidak seperti posting artikel yang memiliki link posting lama dan posting baru.



Cara membuat page/halaman baru di WordPress sangat mudah karena WordPress Self Hosted sudah menyediakan fasilitas untuk keperluan tersebut. Fasilitas untuk membuat page/halaman baru ini dapat dengan mudah dipraktekan oleh pemula sekalipun karena hampir sama dengan cara membuat posting baru.

Cara Membuat Page/Halaman baru di WordPress
1. Login ke Administrator WordPress dengan username dan password Anda.
2. Di halaman Dashboard, pilih Menu Pages kemudian klik Add New.

3. Tulis judul page/halaman sesuai dengan keperluan kemudian tulis informasi yang akan diterbitkan melalui halaman ini. Jika Anda kan menyisipkan media seperti gambar, musik, dan video, klik saja tombol Add Media yang berada tepat di atas kiri area posting. Aturan lain seperti memberikan style pada huruf, paragraf, warna huruf, dan style lainnya sama dengan ketika kita membuat posting di halaman Post.

4. Di bagian Posting Area, tulis informasi yang akan dierbitkan di halaman/page. Gunakan menu bar di atasnya untuk mengatur style yang diinginkan (seperti di Microsoft Word).
5. Setelah artikel selesai di tulis, klik tombol “Publish” di sebelah kanan Posting Area kemudian lihat hasilnya. Untuk melihat hasil sementara sebelum dipublikasikan bisa melalui tombol View Post ( di atas menu bar).



6. Sebelum di-publish, di sebelah kanan pada Page Attributes, Anda dapat menentukan tingkat/level halaman, apakah akan diposisi halaman tertentu atau pada posisi sama dengan halaman sebelumnya yang sudah ada (opsional).

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat