In Desain Grafis

 

Media Lini Bawah (Below The Line/ BTL)

 Adalah bentuk iklan yang tidak disampaikan disiarkan melalui media massa, dan biro iklan tidak memungut komisi/ pembayaran atas pemasangannya

 Below The Line (BTL)  juga berarti segala aktifitas marketing atau promosi yang dilakukan pada tingkat retail/ konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen agar mengetahui produk tau jasa kita miliki, contohnya: program brosur/ hadiah, event, pembinaan kepada konsumen dan lain- lain.

Pada intinya definisi dari below the line adalah bentuk iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui media massa, dan biro iklan. Iklan lini bawah ini sering dilakukan di event perusahaan untuk konsumen sehingga perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan para konsumennya.  Berikut adalah beberapa contoh media promosi lini bawah :

a.Brosur

Adalah bahan cetakan yang terdiri dari beberapa halaman yang  berisi penjelasan tentang suatu produk ataupun  layanan secara singkat dan jelas.

b.Katalog

Adalah daftar berbagai jenis koleksi atau daftar dari produk maupun layanan jasa dari suatu perusahaan.

c.Kartu Nama

Memuat informasi singkat dan padat dari suatu perusahaan dan perorangan pemilik kartu nama, meskipun kecil tapi usahakan agar memasukkan informasi dan kontak yang jelas

d.Stiker

Sejenis label yang dicetak pada kertas, plastik atau bahan lainnya dengan perekat pada salah satu sisinya. Sedangkan yang dimaksud dengan label di sini adalah penjelasan tentang nama, identitas, informasi dan sebagainya. Stiker umumnya digunakan untuk identitas, hiasan atau untuk tujuan lainnya.

e.Poster

Adalah hasil cetakan pada kertas berupa pengumuman atau iklan yang dipasang ditempat umum

f.Leaflet

Adalah lembaran kertas berukuran kecil yang dilipat dua halaman atau lebih dan mengandung pesan untuk disebarkan kepada umum sebagai informasi mengenai suatu barang/jasa.

 

 

 

 

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat