In Desain Grafis

 



Media Lini Atas (Above The Line/ ATL)

Media Lini Atas (Above The Line/ ATL) adalah jenis iklan yang publikasi atau pemasangannya mengharuskan adanya pembayaran/ komisi kepada biro iklan. Contoh- contoh iklan Media Lini atas dimuat dalam berbagai media yaitu media elektronik ,  media cetak ,  serta media luar ruang . Sifat media lini atas merupakan media yang tidak langsung mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience. Berikut adalah penjelasan dari berbagai media pada media lini atas :

a.Media Cetak

Media cetak adalah media yang statis dan menggunakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri dari lembaran halaman dengan sejumlah kata, gambar ataupun foto dalam tata warna dan halaman putih. Fungsi utama media cetak adalah memberi informasi dan menghibur. Media cetak adalah suatu dokumen atas segala hal yang dikatakan orang lain dan rekaman peristiwa yang di dapatkan oleh jurnalis kemudian diubah dalam bentuk kata- kata, gambar, foto dan  lain sebagainya. Contoh media lini atas media cetak adalah surat kabar dan majalah.

Surat kabar memiliki berbagai macam bentuk yang sejenisnya tergantung pada frekuensi terbit, bentuk, kelas ekonomi pembaca, peredaran serta penekanan isinya. Kebanyakan Surat Kabar mengandalkan kelangsungan  hidupnya dari iklan. Iklan sudah mampu untuk mensubsidi harga ecerannya. Surat kabar juga  merupakan media utama yang banyak digunakan dalam periklanan di Indonesia. Hal ini salah satunya disebabkan karena harga satuannya yang  murah dan dapat dibeli ecerean.

Majalah  jauh lebih menspesialisasikan produknya untuk menjangkau konsumen tertentu. Setiap majalah umumnya mempunyai  pembaca yang jauh lebih sedikit dari pembaca Surat Kabar, namun memiliki pasar yang lebih mengelompok. Usia majalah juga lebih panjang. Majalah memiliki kedalaman isi yang jauh beda dengan surat kabar yang hanya menyajikan berita..

b.Media Elektronik

Radio adalah media yang memiliki jangkauan selektif terhadap segmen pasar tertentu. Sebagai media, radio memiliki beberapa kekuatan sepert i: menjangkau khalayak sasaran yang cukup besar pada waktu bersamaan dan yang hidup di daerah terpencil, cepat mennyampaikan pesan sehingga memberikan informasi yang efektif dan mengatasi berbagai hal geografis.

Begitupula halnya dengan televisi, namun pada televisi kita dapat melihat visualisanya. Dan pada bioskop menjadi sasaran khusus bagi para pengiklan yang memang berniat menjangkau kalangan muda sebagai pemirsa atau konsumen mereka.

c.Media Luar Ruangan

Media ini memilki fungsi utama pendukung kampanye iklan untuk mengingatkan, atau sebagai media sekunder untuk mendukung kampanye iklan di media cetak atau media elektronik. contoh media luar ruangan adalah papan reklame, billboard dan angkutan/ transit

 

 

 

 

 

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat