In Desain Grafis

Sulit memang untuk mengetahui seberapa besar suatu perusahaan mengeluarkan biaya untuk mendesain logo ataupun  Re-desain logo perusahaannya. Beberapa perusahan memang bersedia untuk memaparkan biaya yang dikeluarkan, namun kalaupun memang seperti itu sulit juga untuk membedakan berapa biaya pasti dari logo itu sendiri, karena mencakup re-brand secara keseluruhan dan mencakup biaya pemasaran, iklan dan biaya yang terkait lainnya.

Dalam artikel ini kita akan bahas beberapa perusahaan yang sudah besar dengan biaya yang fantastis untuk Logo nya serta beberapa permasalahannya dan apa yang bisa kita pelajari dari hal ini.

1. Australians Bank ANZ

Memerlukan waktu hingga 18 bulan dalam pembuatan Logo yang satu ini. ANZ menjadi bank terbesar di selandia baru serta ke-3 yang terpopuler di australia. Harga logo ini sendiri adalah 15Jt dollar. Namun hal ini sudah termasuk dalam biaya untuk membangun citra/branding untuk bank itu sendiri. Perlu kalian ketahu, sebelum mereka meutuskan untuk merubah logo mereka ANZ sudah melakukan penelitian (research) dan menemukan bahwa terlepas dari jenis pelanggan apapun atau demografi hal yang paling penting adalah bagaimana nantinya mereka akan mudah di ingat.

Hal yang dipelajari: Sebelum Anda akan membuat logo ada baiknya jika kalian benar-benar melihat apa yang orang ingin lihat pada merek/brand anda. Hal itu akan menjadikan logo anda mudah diingat orang (memorable)

2. BP

Di tahun 2000 BP menglontorkan dana sebsar 4,6jt pounds hanya untuk logo dan plus 136jt pundsterling untuk sementara biaya keseluruhan rebranding adalah 136 juta pounds (termasuk biaya alat tulis rebranding, van liveries, dan pabrik). Wow! harga yang fantastis bukan? dan satu lagi, proyek ini dipimpin oleh Landor Associates.

Melihat penggantian logo ‘perisai’ lama dengan logo baru yang dirancang khusus untuk mempromosikan “posisi BP sebagai pemimpin lingkungan dan tujuannya bergerak melampaui sektor minyak bumi”, ketika perusahaan mulai untuk berinvestasi dalam energi alternatif.  Menurut Landor: “Bunga matahari bergaya melambangkan energi matahari, sedangkan warna hijau mencerminkan sensitivitas lingkungan merek.”

Logo baru ini menarik banyak ejekan dari para juru kampanye lingkungan, yang sebagian besar melihat minat baru BP terhadap energi hijau sebagai tabir asap untuk terus mempromosikan bahan bakar fosil. Belakangan, Greenpeace bahkan bersumber dari versi parodi yang menampilkan seekor burung yang terjebak dalam tumpahan minyak.

Biaya latihan rebranding juga dicerca oleh pers Inggris pada saat itu, mengingat serangkaian kenaikan harga yang berkelanjutan di pompa bensin.

Namun, studi kasus di situs web Landor menawarkan pandangan berbeda tentang proyek tersebut. Alih-alih berfokus pada apa yang dipikirkan publik tentang logo BP yang dirubah, ia lebih berbicara tentang reaksi kelembagaan internal terhadap branding baru. Landor melatih lebih dari 1.400 juara merek di 19 negara tentang janji ‘Beyond Petroleum’. Akibatnya, “sembilan bulan setelah diluncurkan, 97 persen karyawan BP mengetahui gagasan merek, dan 9 dari 10 setuju bahwa BP sedang menuju ke arah yang benar”.

Singkatnya, nada studi kasus menunjukkan BP kurang tertarik meyakinkan publik bahwa itu menjadi lebih hijau, dan lebih tertarik meyakinkan stafnya sendiri. Dan itu membuat putaran yang sama sekali berbeda tentang bagaimana Anda melihat kesuksesan desain logo baru.

Hal yang dipelajari: Sebelum Anda menilai logo, pikirkan tentang siapa audiens sebenarnya. Mungkin, misalnya, lebih ditargetkan untuk mempengaruhi karyawan, pemangku kepentingan atau investor daripada konsumen.

3. CityBank

Logo CityBank didesain oleh desiner ternama Paula Scher dari Pentagram. Logo ini meronggoh biaya sebesar $ 1,5 juta untuk desain ini (bagian dari hampir $ 10 juta untuk pencitraan merek secara keseluruhan) tidak begitu mengejutkan dengan melihat asset yang dikelola mencapai $ 700 miliar.

Namu unik tp juga kontroversial nya bahwa pembuatan logo ini didasarkan pada sketsa yang dibuat diatas tisu, selama pertemuan mereka yang hanya 10 menit.

Karena hal ini kontroversial di publik Scher lalu menjelaskan dalam wawancara video dimana ia berkata: “Dan itu bermasalah karena banyak klien suka ‘membeli proses’ dan mereka tidak berpikir mereka mendapatkan nilai uang mereka, seperti saya menjualnya terlalu cepat. “Bagaimana mungkin kamu berbicara dengan seseorang dan itu dilakukan dalam sedetik?”

Dengan kata lain, menggambar dengan sudah 34 tahun pengalaman dibidangnya bisa menghindari ‘proses’ yang berbulan-bulan dan menghasilkan dasar yang sempurna untuk desain logo dalam sekejap.

Hal yang dipelajari: Nilai ekonomis dari desain logo tidak terletak pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan, tetapi seberapa baik kerjanya. Contoh Scher menyoroti bagaimana desainer yang berpengalaman dan berbakat dapat membantu memendekkan proses dan masih memperoleh hasil yang bagus, dan tidak ada rasa malu untuk dibayar sesuai dengan itu.

4. BBC

British Broadcasting Corporation belum mengubah desain logonya sejak 1997 dan saat pembenahan dimulai yang dimana menelan biaya 1,8 juta dolar. Desain logo tetap sama untuk jangka waktu 20 tahun yang memperkuat ideologi dan visi merek untuk pemirsa. Menjaga desain logo tetap sama untuk beberapa tahun yang baik menyoroti identitas merek dan cenderung fokus untuk mendapatkan perhatian dari basis penggemar.

5. NBC

Pada tahun 1976, NBC ingin memperbarui branding nya untuk ulang tahun yang ke-50, disana NBC memperkenalkan desain logo baru, dimana itu berdasarkan huruf abstrak N yang terbuat dari dua trapesium: satu merah, satu biru. Ini kemudian digunakan dalam identifikasi animasi elektronik pertama untuk jaringan TV Amerika, dan mulai digunakan secara resmi pada 1 Januari 1976. Dirancang oleh perusahaan Lippincott dan Margulies dan dilaporkan menelan biaya antara $ 750.000 dan $ 1 juta; jumlah yang sangat besar untuk tahun 1970-an.

Namu yang diluar dugaan terjadi pada logo ini, dimana Nebraska Educational TV memiliki logo yang sepenuh nya mirip dengan milik NBC yang baru.

Akirnya, gugatan pelanggaran merek dagang diselesaikan di luar pengadilan. NBC memberi Nebraska ETV lebih dari $ 800.000 peralatan baru, dan membayar mereka $ 55.000 untuk menutupi biaya dalam merancang dan menerapkan logo baru untuk merek.

Hal yang dipelajari: Periksa Anda tidak menjiplak logo orang lain, bahkan dengan polos, atau itu akan merugikan Anda. Terutama jika mereka berada di industri yang sama dengan Anda.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat