In Website, Wordpress

Anda dapat dengan mudah melakukan reset password WordPress ketika berada dalam dashboard admin. Akan tetapi, bagaimana jika Anda sudah logout namun lupa password WordPress? Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan reset melalui phpMyAdmin. seperti 5 langkah berikut ini:

1. Login ke halaman cpanel dan masuk ke menu PhpMyadmin

lupa password wordpress

2. Memilih database WordPress

Kemudian, pilih database WordPress Anda. Apabila Anda tidak mengetahui dengan pasti database mana yang digunakan oleh website WordPress Anda, silakan cek melalui file wp-config.php. File tersebut berada di direktori utama dari website Anda, biasanya dalam public_html.

mengatasi lupa password wordpress

3. Pilih Tabel yang diperlukan

Ketika database sudah dipilih, semua tabel akan tampil pada baris kolom (jika tidak tampil silakan klik tab Structure). Anda akan melihat tabel wp_users pada baris kolom tersebut. Biasanya untuk tabel prefix berbeda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini yaitu wpoj_. Untuk prefix dapat ditentukan ketika melakukan instalasi WordPress. Sedangkan, untuk nama terakhir tabel adalah _users. Silakan klik tabel tersebut atau pilih Browse.

langkah lupa password wordpress

4. Pilih Username Database

Di sini semua username untuk dashboard admin WordPress Anda akan terlihat. Silakan klik Edit pada username yang ingin direset passwordnya. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

lupa password wordpress 1

5. Reset Password Admin Area

Terdapat angka dan huruf pada baris user_pass dalam kolom Value. Kemudian, pada kolom Function terdapat menu dropdown seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

cara reset password wordpress

Anda boleh menghapus karakter dan angka yang ada pada kolom Value dan masukkan password baru Anda. Setelah itu pada kolom function silakan pilih MD5, kemudian klik tombol Go untuk menyimpan perubahan.

 

Seharusnya, setelah anda melakukan 5 langkah diatas maka password WordPress anda sudah berubah sesuai dengan yang anda masukan. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Enjooooyy 😀

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat