Jenis-Jenis Logo

Jenis-Jenis Logo

Admin - 23 November 2022


Jenis-Jenis Logo - Hai guys, pada postingan kali ini, kami akan membahas mengenai jenis-jenis logo serta melanjutkan pembahasan dari postingan yang sebelumnya mengenai Apa Itu Logotype, Logomark dan Logogram?Logo merupakan salah satu hal utama dalam sebuah branding, sehingga dengan mendapat info lengkap mengenai jenis-jenis logo bisa menghasilkan logo yang baik dan tepat bagi company/klien.

Lettermark Logo

Lettermark Logo masih masuk ke dalam Logotype, karena pada pembuatannya masih berfokus kepada pengolahan teks. Lettermark ini menggunakan inisial nama untuk mewakili company/brand. Dalam penggunaan inisial bisa menggunakan 1 huruf atau lebih dari 1 huruf, dan jika menggunakan lebih dari 1 huruf bisa disebut dengan istilah Monogram. Lettermark ini sendiri cocok digunakan untuk nama company/brand yang cukup panjang, sehingga dengan menggunakan Lettermark Logo, bisa menjadi lebih ringkas. Berikut contoh dari Lettermark :

Lettermark Logo

Wordmark Logo

Wordmark Logo ini juga masih masuk ke Logotype. Pembuatannya menggunakan nama bisnis dari company/brand. Wordmark Logo cocok dipakai untuk nama bisnis yang singkat/sedikit memiliki jumlah huruf didalamnya. Berikut contoh dari Wordmark Logo :

Wordmark Logo

Pictorial Marks

Pictorial Marks merupakan salah satu pengolahan logo dengan menggunakan gambar dengan menggunakan nama perusahaan, tanpa menyertakan teks dan bisa dimasukkan ke dalam kategori Logomark. Pada pembuatannya mungkin sedikit lebih rumit karena bagaimana menciptakan gambar logo yang identik dan bisa langsung dikenali walaupun tanpa teks nama dari company/brandnya. Berikut contoh dari Pictorial Marks :  

Pictorial Marks

Allusive Logo

Allusive Logo merupakan bentuk gambar logo yang tidak memiliki hubungan langsung dengan nama company/brandnya atau produk yang di jual, atau bisa di bilang logo yang berbentuk khiasan. berikut contoh dari Allusive Logo :

Allusive Logo

Assosiative Logo

Assosiative Logo merupakan logo yang harus memiliki asosiasi khusus dengan nama produk dan wilayah aktifitasnya secara langsung. Seperti salah satu contoh logo dari Shell, dimana logonya bergambar kerang yang merupakan asosiasi dari fosil penghasil minyak.

Assosiative Logo

Abstract Logo

Abstract Logo atau Logo Abstrak masih memiliki pengertian yang sama dengan Logomark. Memiliki bentuk yang lebih rumit dan kompleks jika di bandingkan dengan Pictorial Marks. Logo bisa di buat dari beberapa penggabungan bentuk geometris atau bentuk gambar lainnya. Walau berbentuk abstrak, namun logo yang dibuat harus tetap memiliki esensi atau visi misi dari sebuah company/brand. Berikut contoh dari Abstract Logo :

Abstract Logo

Mascot Logo

Mascot Logo merupakan logo yang menggunakan bentuk karakter sebagai brandingnya. Karakter yang dipakai kebanyakan berbentuk kartun dari penggambaran bentuk manusia, hewan, tumbuhan, dll. Berikut contoh dari Mascot Logo :

Mascot Logo

Emblem Logo

Biasanya emblem merupakan istilah yang banyak di gunakan di dunia konveksi. Namun sebenarnya emblem juga termasuk ke dalam bentuk logo. Emblem Logo biasanya tersusun dari tulisan, simbol dan gambar di dalamnya, memiliki gaya tradisional. Banyak digunakan untuk logo pemerintahan, sekolah dan club sepak bola. Berikut contoh dari Emblem Logo :

Emblem Logo

Combination Logo

Combination Logo merupakan penggabungan dari Logotype dan Logomark, menggabungkan bentuk gambar dan teks. Gambar dan teks saling mendukung satu sama lainnya. Berikut contoh dari Combination Logo :

Combination Logo

Sekian penjelasan mengenai Jenis-Jenis Logo. Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Logo atau Jasa Desain Grafis di Bali yang siap membuat kebutuhan desain dan signature perusahaan anda silahkan jangan ragu untuk menghubungi Nawadwipa.



Artikel Terkait