In Website

Di era yang maju akan teknologi seperti sekarang ini, pasti sudah sangat banyak orang yang mengetahui Internet. bahkan bisa dibilang internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan karena kita sangat bergantung pada internet, namun masih ada sebagian orang yang belum mengetahui pengertian dan fungsi dari internet yang sebenarnya. Selain internet ada juga yang namanya Intranet, secara harfiah internet dan intranet memiliki pengertian yang berbeda, tetapi internet dan intranet memiliki satu kesamaan, yaitu berfungsi untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya, adapun pengertian serta perbedaan dari Internet dan Intranet adalah sebagai berikut:

    1. Pengertian Internet
      Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat satu dengan lainnya yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita dapat saling terhubung serta berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.
    2. Pengertian Intranet
      Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.
Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Internet:

  • ┬áJaringan yang sangat Luas (mencakup ke seluruh dunia)
  • Memiliki Jaringan yang Kuat
  • Perkembangan yang Sangat Pesat
  • Bisa di akses kapan saja dan dimana saja

Intranet:

  • Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dll
Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat