In Desain Grafis

Google memiliki beberapa logo sejak berganti nama dari BackRub. Logo pertamanya dirancang oleh Sergey Brin menggunakan perangkat lunak GIMP. Logo Google direvisi besar-besaran pada 1 September 2015. Logo Google sebelumnya dirancang oleh Ruth Kedar dengan rupa huruf Catull, rupa huruf serif gaya lama yang dibuat oleh Gustav Jaeger untuk Berthold Type Foundry tahun 1982.Perusahaan ini juga merilis berbagai versi logonya dalam rangka hari raya, ulang tahun tokoh terkenal, dan peristiwa besar seperti Olimpiade. Logo-logo khusus ini dikenal dengan sebutan Google Doodle, dan beberapa di antaranya dirancang oleh Dennis Hwang.

Walaupun logo Google terlihat berubah dari jenis huruf (typeface) yang sebelumnya menggunakan jenis Serif sekarang menggunakan jenis Sans, tetapi warna iconic Google merah, biru, hijau dan kuning tidak akan berubah. Inilah evolusi logo Google yang iconic dari tahun ketahun sejak Google didirikan.

1997

Logo sederhana ini digunakan saat Google pertama kali dibentuk dan Google masih menggunakan server di Standford University.

1998

Logo asli di Baskerville Bold, digunakan dari bulan September sampai Oktober 1998, dengan kombinasi warna yang berbeda dari yang digunakan saat ini. Dibuat oleh Sergey Brin menggunakan perangkat lunak Open Source GIMP

1998 – 1999

Logo ini digunakan Oktober 1998 sampai Mei 1999, berbeda dari versi sebelumnya dengan tanda seru dibelakangnya, bayangan yang lebih lebar, tulisan menggunakan efek embose dan warna G awal berubah dari hijau menjadi biru. Urutan warna masih digunakan saat ini, meskipun dengan warna yang berbeda. Tanda seru dibelakang terlihat seperti Yahoo.

1999 – 2010

Logo ini digunakan selama sepuluh tahun sebelas bulan digunakan antara 31 Mei 1999 dan 5 Mei 2010.

2010 – 2013

Logo ini digunakan dari 6 Mei 2010 sampai dengan 18 September 2013, terlihat proyeksi bayangan yang telah berkurang dan perubahan kedua “o” dengan warna kuning yang berbeda.

2013 – 2015

 

Logo ini digunakan dari September 19, 2013 sampai dengan tanggal 1 September 2015, terlihat logo yang lebih flat dan tanpa bayangan.

2015 – Sekarang

Logo sekarang yang saat ini dipergunakan, menggunakan jenis font Sans bernama Product Sans

Berikut makna dari logo Google:

  • Logo baru Google menggunakan karakter huruf bernama Sans Serif yang mempertahankan urutan multi-warna yang berbeda
  • Tanda dot atau titik-titik mempunyai makna sebagai dapat membantu dalam bentuk interaktif dan menuju transisi.
  • Google juga menghadirkan sebuah versi kompak dari logo Google yang bekerja dalam konteks kecil.

 

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat