In Website, Wordpress

Untuk menjadwalkan pos pada WordPress, kita tidak perlu memasang plugin atau kode tambahan karena fitur ini sudah ada pada semua instalasi WordPress. Tidak hanya pada pos, fitur ini juga bisa digunakan pada sebuah laman, dan keduanya memiliki cara pemasangan yang sama. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat pos/laman baru dari dasbor WordPress dengan masuk ke menu Posts » Add New atau Pages» Add New. Setelah selesai membuat pos/laman baru, lihat pada meta box Publish pada sidebar sebelah kanan.

Setelah itu, kamu bisa mengatur kapan pos tersebut akan dipublikasikan, mulai dari tanggal hinggal menit yang kamu inginkan. Klik OK untuk meyimpan perubahan. Bila berhasil, tombol Publish berwarna biru kini akan berubah menjadi Schedule. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menekan tombol Schedule tersebut untuk menjadwalkan pos Sebagai catatan, pos yang sudah kamu jadwalkan masih tetap bisa diubah, baik konten maupun tanggal publikasinya.

Troubleshooting: Kenapa saya tidak bisa menjadwalkan pos pada WordPress?

  • Pastikan pengaturan  Zona Waktu sudah benar. Hal ini dapat kamu lihat pada menu Settings» General. Untuk zona waktu Indonesia, pilih UTC+7
  • Setelah mengatur waktu penjadwalan, jangan lupa untuk menekan tombol Schedule yang kini muncul menggantikan tombol Publish.
  • Bila kamu memiliki lebih dari 100 pos terjadwal, coba kurangi hingga jumlahnya kurang dari 100.

Apa untungnya bagi kamu menjadwalkan Pos?

Menjadwalkan pos ada untungnya, kecuali kamu memiliki website situs berita yang mengharuskan kamu upload post secepatnya agar para pembaca selalu mendapatkan update informasi berita pertama dari situs yang kamu miliki.

  1. Mengatur post agar muncul pada saat jam sibuk
  2. Memberi kamu waktu untuk mengambil kegiatan yang lain
  3. Untuk penyimpan Ide kamu agar tidak lupa
  4. Agar tidak terlihat Spam karena jangka waktu yang terlalu berdekatan antara post baru dengan post yang terdahulu.

 

Sekian tutorial dari saya kali ini, semoga bermanfaat. Apabila kamu membutuhkan konsultasi mengenai Desain, Internet Marketing atau Website langsung saja menghubungi kami di Nawadwipa.co.id

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat