In Website, Wordpress

Cara mengatasi “Error 404 not found” dengan mudah dan bisa Anda lakukan dengan cepat, apakah Anda pernah menjumpai “Error 404 not found” di website Anda?

Bagi pemilik website, munculnya halaman error seperti ini bisa jadi cukup mengganggu. Apalagi bagi blogger pemula, error 404 adalah hal yang menakutkan. Biarpun sebenarnya cukup sederhana, permasalahan ini berpotensi menjadi sangat merepotkan, terutama bagi pengguna awam.

Apa itu Error 404

Error 404 not found adalah peringatan yang muncul ketika browser Anda tidak menemukan halaman atau file yang diakses. Bisa konten yang diakses hilang, telah diubah atau mengalami kerusakan.

Pesan kesalahan seperti “Error 404 not found” bisa berasal dari script website yang Anda miliki. Faktor lainnya, mungkin disebabkan oleh server hosting tempat Anda menyimpan file website.

Nah, selain Error 404, ada pesan kesalahan lain yang bisa jadi sering Anda temui. Dalam artikel ini kami menghadirkan ulasannya untuk Anda. Tentu saja, lengkap dengan cara mengatasinya.

Mari mulai dari pesan kesalahan yang paling sering Anda temui.

Penyebab Error 404 Not Found

Error 404 Not Found biasa disebut sebagai broken link. Umumnya kesalahan ini terjadi karena adanya kesalahan penulisan URL, URL halaman telah diubah oleh si pengunggah, halaman yang Anda akses sudah tidak tersedia, atau malah halaman tersebut telah dihapus.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Pengaturan URL umumnya ditangani oleh script .htaccess. Silakan periksa apakah file .htaccess berada dalam root document/public html Anda (Note: pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur show hidden files pada cpanel Anda).

Apabila Anda pemilik website, dan website Anda menemui permasalahan Error 404 page not found, silakan periksa daftar postingan yang Anda buat. Selain itu, lihat juga apakah ada pengaturan mengenai URL Access. Anda bisa menyesuaikan URL pada pengaturan postingan Anda dengan URL Access yang Anda inginkan.

Kemudian, apabila permasalahan terletak pada hilangnya konten yang Anda akses, Anda dapat membuat konten baru yang serupa dengan menggunakan url 404 sehingga halaman dapat diakses.

Anda juga dapat melakukan mengalihkannya ke halaman lain melalui fitur Redirect pada cpanel jika konten yang hilang tersebut tidak ingin Anda tampilkan lagi.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat