Cara Clipping Mask Gambar dengan Beberapa Bidang Objek di Adobe Illustrator

Cara Clipping Mask Gambar dengan Beberapa Bidang Objek di Adobe Illustrator


Admin - 18 January 2023

Cara Clipping Mask Gambar dengan Beberapa Bidang Objek di Adobe Illustrator - Halo teman-teman, kali ini kami mendapatkan pertanyaan, yaitu,"Bagaimana cara Clipping Mask gambar dengan beberapa bidang objek? Jawabannya, terdapat tambahan tutorial/step dalam pengaplikasiannya. Karena, jika menggunakan step seperti postingan kami sebelumnya (klik baca di sini), Clipping Masknya belum bisa berhasil/fail. Baik, langsung saja, berikut step by stepnya.

Membuat Bidang Objek/Shape

Sebagai contoh kami buatkan beberapa bidang/shape berbentuk kotak, nantinya bisa di aplikasikan ke bentuk bidang lainnya. klik Rectangle Tool (contoh yang dilingkari merah). Untuk membuat persegi sama sisi, bisa teman-teman lakukan dengan menahan "Shift" pada keyboard dan saat yang bersamaan klik kiri dan tahan pada mouse, lalu gerakkan mouse, maka akan terbentuk persegi sama sisi.  Untuk mengatur ukuran bidangnya, bisa di atur Transformnya, biasanya sudah terdapat di bagian atas kanan, jika tidak ada, bisa klik Window -> Transform. Bisa di atur Width(W) untuk lebar ke samping bidang dan Height(H) untuk tinggi bidang (contoh yang dilingkari hijau). Untuk yang kami lingkari kuning, fungsinya untuk memberikan ukuran proporsional dari bidang, contoh sederhananya, jika teman-teman mengatur lebar bidang, maka secara otomatis tinggi bidang akan mengikuti lebar bidangnya dan begitupun sebaliknya. Jika logo tidak dinyalakan maka teman-teman bisa mengatur kembali lebar dan tinggi desainnya secara bebas. Dilanjutkan dengan menduplikat bidang, caranya dengan menahan "Alt" pada keyboard disaat yang bersamaan letakkan kursor di atas bidang, lalu klik kiri dan tahan, lalu geser ke bagian samping dari objek yang sebelumnya, setelah itu tekan "Ctrl+D", fungsinya sebagai cara cepat copy paste dengan jarak yang sama antar bidang. 

buat shape

Proses Clipping Mask

Blok/pilih semua bidang yang sudah di buat untuk di Clipping Mask, pilih menu Pathfinder, atau bisa di cari dengan klik Window -> Pathfinder. Lalu pilih opsi "Unite". Lalu pilih menu Object -> Compound Path -> Make. Selanjutkan masukkan gambar/foto, caranya bisa dengan menarik gambar dari folder lokasi penyimpanan gambarnya ke Adobe Illustrator, atau bisa melalui File -> Place -> Pilih Gambar -> Place. Posisi gambar diletakkan di belakang bidang/shape, cara cepatnya, klik gambar, kemudian tekan "Ctrl+X" dilanjutkan dengan tekan "Ctrl+B", bisa di atur dahulu posisi gambar dan bidangnya, selanjutnya seleksi semuanya (bidang dan gambarnya), klik kanan -> Make Clipping Mask, atau pilih menu Object -> Clipping Mask -> Make.

pathfinder unite

compound path

clipping mask

Berikut hasil dari Clipping Masknya

hasil dari clipping mask

Clipping Mask dengan Beberapa Tulisan

Cara di atas juga berlaku dan bisa di gunakan dengan beberapa teks. Caranya, setelah di buat teksnya, di seleksi semua teksnya, lalu klik kanan -> Create Outlines, next stepnya gunakan cara yang sama seperti tutorial di atas. Setelah itu letakkan gambar di bawah teks, seleksi gambar dan tulisan, lalu klik kanan -> Make Clipping Mask, atau pilih menu Object -> Clipping Mask -> Make. Jika semisal muncul notif (seperti contoh di bawah) bisa di klik "Yes"

create outlines

clipping mask dengan tulisan

notif

Dan hasilnya akan seperti berikut 

hasil clipping mask tulisan

Sekian pembahasan untuk kali ini, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Jika anda membutuhkan Jasa Desain Grafis di Bali yang siap membuat kebutuhan desain dan signature perusahaan anda silahkan jangan ragu untuk menghubungi Nawadwipa. Terima kasih



Artikel Terkait