In Internet Marketing

Bagi anda yang baru saja memiliki atau membuat blog atau website, pasti mau dong membuat konten atau isi tulisan yang berkualitas? Selain perlu memperhatikan faktor SEO (Search Engine Optimization), blog atau website yang baik juga wajib memiliki backlink berkualitas. Oleh karena itu pada artikel berikut ini kami ingin memberikan anda beberapa cara supaya website anda mendapatkan backlink yang berkualitas agar bisa meningkatkan traffic kunjungan ke website atau blog anda. Namun sebelum membahas hal tersebut, anda akan lebih baik jika memahami definisi dari backlink tersebut.

Apa itu Backlink?

Nawadwipa

Backlink adalah sebuah link yang dipasang di suatu blog atau website yang diarahkan ke halaman blog atau website Anda. Kegiatan membangun backlink ini kerap disebut juga link building. Ada juga istilah external link dan inbound link. Jadi jika ada pemberi backlink dan penerima backlink. Anda adalah memberi backlink ketika meletakkan link website atau blog orang lain di website Anda. Penerima backlink adalah website yang mendapatkan link dari pemberi backlink. Bagaimana? Sangat sederhana, kan? Meskipun terlihat sederhana, backlink juga memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog Anda.

 

Kenapa Backlink Itu Penting?

Setelah memahami apa itu backlink, kini saatnya untuk mempelajari mengapa backlink ini penting. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari backlink dan mengapa Anda juga harus memanfaatkannya.

1. Google Menemukan Website Anda melalui Backlink

Penjelasan termudah di balik pertanyaan “Mengapa backlink penting?” adalah backlink merupakan cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. Search engine Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu. Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan berbagai lokasi baru, search engine Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling di halaman tersebut, lalu kemudian memasukkannya ke dalam indeks Google. Coba pikirkan hal ini. Anda pasti akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lainnya, kan? Lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya akan sangat sulit ditemukan. Begitu juga dengan halaman website. Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari website lainnya akan sulit ditemukan oleh Google. Semakin banyak backlink yang didapatkan, semakin mudah bagi Google untuk menemukan halaman website Anda.

2. Backlink fungsi untuk Menjaga Citra di Google

Ketika orang mencari sebuah keywords di Google, Google pasti berusaha untuk memberikan hasil pencarian terbaik Google tentu akan mengarahkan pencarian ke halaman-halaman website yang populer. Semakin banyak jumlah backlink berkualitas mengarah ke website Anda, semakin baik pula citra website Anda di penilaian Google.

3. Backlink Berpeluang Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebelumnya sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa backlink adalah indikator penting untuk menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. Namun, Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google juga menilai backlink di website Anda berdasarkan dari relevansinya. Memang apa artinya backlink yang relevan? Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan. Misal, sebuah perusahaan android dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi atau seputar ponsel. Dengan begitu perusahaan smartphone itu bisa dianggap kredibel oleh Google. Apa yang terjadi ketika perusahaan smartphone tersebut mendapatkan backlink dari website atau blog olahraga, fashion, atau mungkin website properti? Tentu Google akan mempertanyakan kredibilitas dari website smartphone tersebut.

4. Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Di poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa backlink bisa membantu website agar lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga bisa muncul di hasil pencarian. Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan, akan semakin bagus juga penilaian Google ke website. Kemudian halaman website Anda bisa mendapat rank tinggi di hasil pencarian. Selain traffic yang Anda bisa dapatkan dari hasil pencarian search engine Google, backlink juga akan mendatangkan traffic dari link yang ditanam di website pemberi backlink. Apalagi jika website tersebut sudah mempunyai reputasi bagus di Google dan mendapatkan banyak traffic. Traffic yang didapatkan dari website pemberi backlink itujuga akan mengarah menuju website Anda.

Cara Supaya Website Bisa Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas tidak didapatkan secara mudah. Ada cara dan strategi untuk membangun backlink berkualitas yang diawali dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan solutif. Berikut adalah cara mendapatkan backlink berkualitas di website Anda.

1. Bangun Kredibilitas

Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda harus membangun kredibilitas blog atau website Anda lebih dulu. Seperti yang sudah saya sebutkan di poin Kualitas Outbound Link, biasanya website atau blog dengan backlink berkualitas hanya bersedia untuk memberikan backlink ke website dan blog yang berkualitas juga. OMaka dari itu, Anda perlu membangun kredibilitas terlebih dahulu.

2. Tulis Konten yang Lengkap dan Memiliki Solusi

Bagaimana membangun kredibilitas website atau blog? Tentu saja dengan membuat konten yang berkualitas. Pastikan konten di website Anda merupakan konten yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan dari para pencari. Konten yang Anda tulis juga harus memiliki solusi terhadap permasalahan yang ada. Jadi setelah membaca artikel di blog atau website Anda, pembaca mampu menyelesaikan masalah yang dialaminya. Dengan begitu mereka tidak ragu untuk membagikan artikel Anda di media sosial hingga website atau blognya.

Nawadwipa

3. Membuat Konten yang unik dan menarik

Cara agar website anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas selanjutnya adalah dengan membuat konten yang unik serta menarik. Ya masih seputar masalah dari konten, jadi selain memiliki konten yang lengkap dan memiliki solusi, konten Anda juga harus unik dan menarik. Jika bisa, coba buatlah konten yang belum pernah dibuat oleh orang lain. Sudut pandang yang belum pernah diambil orang lain. Misalnya, Anda bisa melakukan studi kasus tentang pelanggan atau bisnis Anda. Keunikan konten Anda pastinya akan menarik orang lain untuk menanamkan link ke website dan blog Anda.

4. Membuaat Infografik

Terkadang orang seringkali malas untuk membaca paragraf – paragraf panjang. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa memanfaatkan infografik. Jadi buatlah infografik agar orang – orang tertarik membaca artikel Anda. Selain itu, orang – orang juga akan lebih mudah membagikan infografik tersebut karena membuat artikel atau konten anda menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami tentunya.

5. Menggunakan tools backlink

Untuk menemukan website dan blog berkualitas tersebut, Anda harus membutuhkan bantuan dari pihak ketiga seperti Ahrefs. Sampai saat ini, Ahrefs merupakan tool terbaik untuk menemukan backlink yang berkualitas. Dengan Ahrefs Anda akan bisa menemukan blog dan website berkualitas berdasarkan dari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat