Memiliki perusahaan bukanlah hal mudah untuk membuat orang dengan cepat mengenal produk/brand anda. Identitas perusahaan akan sangat membantu anda dalam menjual produk tersebut dan mengenalkannya pada dunia. Bagaimana nantinya mereka menilai atau mengingat identitas anda.

Apa sebenarnya Branding?

Branding adalah semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek; mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Branding mungkin adalah konsep yang paling disalah pahami dalam semua pemasaran. Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Brand berarti merek, sedangkan pengertian Branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Lebih lanjut, proses branding tersebut bisa juga diartikan sebagai sebuah upaya komunikasi yang dibuat sedemikian rupa dan terencana oleh sebuah perusahaan, dimana tujuannya adalah untuk mengupayakan sebuah merek memiliki cirkhas sendiri dan lebih mudah dikenali.

Sederhananya, merek Anda ditentukan oleh persepsi keseluruhan pelanggan tentang bisnis Anda.
Merek yang sukses harus konsisten dalam komunikasi dan pengalaman, di banyak aplikasi seperti:

  • Nama merek
  • Logo (logo type, monogram, bendera)
  • Tampilan Visual (Printing, penanda, design kemasan/produk, seragam dll.)
  • Situs web & periklanan online
  • Konten pemasaran & media sosial
  • Penjualan & layanan pelanggan
  • Photography & Videography
  • Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

Disini kreativitas, ide dan strategi sangat dibutuhkan untuk membangun Brand/Merek agar memiliki Branding yang kuat pada pasar.

WhatsApp chat